Terkait Perizinan Komisi A DPRD Riau Telanjangi RAPP

Terkait Perizinan Komisi A DPRD Riau Telanjangi RAPP

Metroterkini.com - Dalam kunjungan kerja dengan jajaran management PT RAPP di RGE Technology Center, Komisi A DPRD Prov Riau, dengan dikomandoi Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman, Kamis (15/1/15). Dalam rapat di perusahaan bubur kertas ini ditelanjangi dimana Komisi A mempertanyakan perijinan yang dinilai tidak berpihak ke masyarakat.

Dalam rapat yang berlangsung sekira 1,5 Jam ini komisi A mempertanyakan sejumlah perijinan, Limbah, IUUPHKTI, Tenaga kerja asing, bahkan bahan baku yang berlebihan juga menjadi sorotan.
 
"Kami mempertanyakan seluruh perijinan RAPP, termasuk dana CSR nya," ujar Sekertaris Komisi A, Suherman Hamdi.

Rapat ini sempat memanas ketika anggota DRPD, Sugianto menyebutkan "tidak salah warga memberitahukan kepada saya RAPP ini diduga menjadi sarang penyamun" karena diperusahaan ini memang ada bermitra dengan pengusaha hutan yang kantronya tidak jelas keberadaannya.

"Wajar warga menyrebutkan kepada saya kalau RAPP menjadi sarang penyamun, buktinya hingga kini saya minta daftar perusahaan yang bermitra menghabiskan kayu dipelalawan hingga kini tak kunjung ada," Jelas Sugianto saat gilirannya mempertanyakan perijinan RAPP ini.  

Atas pernyataan anggota DPRD Riau dari Dapil Pelalawan ini, Mulya Nauli selaku pembuka rapat membantah keras pernyataan ini, Suasana rapat kembali normal setelah Wakil Ketua Suherman menengahi ketegangan selama 2 menit  ini.

Kunjungan kerja ini juga didampingi Kadis Kehutanan Prov,  Irwan Effendy, Wakil Seketaris komis A Suardiamn Ambi, Sumianti, Sugianto, Masri, Taufik A Rahman, Sulastri, dan puluhan rombongan.

Sementara sejumlah media massa mitra RAPP menyebutkan, sebagai perusahaan yang berstatus sebagai aset nasional dan Riau, sudah semestinya PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dapat berintegrasi dengan masyarakat.

Salah satunya adalah dengan penataan kembali penyebaran tanaman kehidupan bagi masyarakat yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat di Riau khususnya di daerah wilayah operasional perusahaan.[Basya]

Berita Lainnya

Index