PDIP Tuding KPK Mau Permalukan Jokowi Soal Budi Gunawan

Kamis, 15 Januari 2015 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menuding keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka korupsi mengabaikan asas praduga tak bersalah. Sebab, penetapan itu dinilai tidak berdasarkan proses.

"Dari para ahli hukum kita mendapatkan masukan ketika seseorang dinyatakan tersangka atas kasus gratifikasi bukan hanya penerima gratifikasi tapi juga siapa yang memberi gratifikasi," kata Plt Sekjen PDIP, Hasto Krisyanto, di rumah Megawati Soekarnoputri, Menteng, Jakarta, Kamis (15/1).

Hasto menambahkan seharusnya KPK menjalankan tradisinya, yakni melakukan tahapan-tahapan sebelum melakukan penetapan status tersangka terhadap Budi.

"Ini kan kita lihat tidak dilakukan, dalam tradisi KPK ketika menetapkan seseorang sebagai tersangka itu melalui pemeriksaan saksi-saksi, bukti-bukti otentik," ujarnya.

Maka oleh sebab itu, Hasto menuturkan PDIP menduga adanya nuansa politik terkait penetapan tersebut.

Bahkan dia mensinyalir adanya upaya-upaya dari pihak-pihak tertentu untuk menjatuhkan nama baik Jokowi dalam menetapkan Budi sebagai calon Kapolri.

"Apakah ada kepentingan-kepentingan politik tertentu yang dikhawatirkan PDIP kami tidak mengharapkan ada ketegangan atau upaya untuk menciptakan rasa malu sebuah institusi (lembaga kepresidenan) yang mengambil suatu keputusan atas dasar UU," tandasnya. [mer]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT