Perbaikan Jalinsel Menunggu Program Multiyears

Kamis, 15 Januari 2015 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Rencana perbaikan Jalan Lintas Selatan (Jalinsel) yang rusak sejak beberapa waktu lalu belum ada kejelasan. Padahal masyarakat sagat berharap, jalan ini mulus seperti jalan di daerah lain.

“Perbaikan Jalinsel butuh dana besar, salah satu cara menuntaskanya adalah dengan meprogramkan kembali proyek multiyears atau tahun jamak,”ujar Aggota DPRD Inhu asal Dapil II Samsudin kepada wartawan,  Kamis (15/1/15).

Dijelaskan bahwa Jalinsel yang rusak ada sekitar 17 kilometer dimulai melintasi Desa Aur Cina- hingga Lubuk Kandis Kecamatan Batang Cenaku. Pada hal sebelumnya, pihaknya Pemprov Riau sudah memprogramkan proyek multiyears untuk jalan tersebut dengan melalui pendanaan APBD Riau.

"Sejak 2014 lalu program ini  sudah terhenti, sebab tidak lagi dianggarkan di APBD Riau.”Tahun 2014 tidak ada lagi aggaran, untuk perawatanpun tidak ada,” ujarnya.

Menurutnya Jalinsel dapat menghubugkan tiga Kabupaten di Riau Selatan antara lain dari Batang Cenaku Kabupaten Inhu, jalan ini tembus ke Lubuk Jambi Kabupaten Kuansing dan Batang Cenaku ini juga menghubungkan sejumlah daerah di Kabupaten Inhil yaitu pelabuhan Samudera Kuala Enok.

Jika musim hujan sebutnya, jalan ini hampir tak bisa dilewati karena licin dan berlumpur, sehingga traspotasi tidak lancar. Tidak hanya roda empat saja, namun kendaraan roda dua pun sulit melewati jalan rusak tersebut. [setia]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT