20 Warga Desa Keluhkan Kerusakan Jalan Lintas Selatan

Kamis, 15 Januari 2015 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Masyarakat sekitar 20 desa wilayah Kecamatan Batang Cenaku, kabupaten Inhu, Riau merasa terhukum oleh kerusakan jalan yang selama ini membuat mereka cukup tersiksa saat melintasi.

“Kondisi badan Jalan Lintas Selatan (Jalinsel) sulit dilalui saat musim hujan, becek dan berlumpur," kata Romawi salah satu warga Sanglap Kecamatan Batang Cenaku,  Kamis (15/1/15).

Romawi juga menyesalkan lumayan banyak yang menjadi anggota DPRD Inhu berasal dari dapil II, tapi hendak bisa berbuat untuk memperjuangkan usulan perbaikan jalan disana. Sebab ada puluhan ribu warga dipastikan akan keluar masuk kota, sekaligus hasil petani atau kebun wajib dikeluarkan dan tetap melintasi jalan tersebut.

"Sudah sejak lama, kerusakan jalan yang cukup panjang dialami oleh masyarakat selama ini. Artinya jika ada penduduk yang bermukim di dalam kesulitan saat akan ke luar ke kota," sesalnya.

Sebelumnya Camat Batang Afran Ridwan STT membenarkan dan menagatakan, bahwa ada isu rencana 10 anggota DPRD Inhu yang berasal dari dapil II mendatangi Gubernur Riau (Gubri), guna menyampaikan keluhan Jalinsel yang saat ini terjadi di daerah Batang Cenaku. Akan tetapi, akan meminta izin dan arahan dari Bupati Inhu terlebih dahulu.

Menurutnya soal rencana ingin menemui Gubri, sudah dituangkan dalam surat permohonan berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama 10 anggota DPRD Inhu tersebut serta seluruh Kepala Desa (Kades) dan Sekretaris Desa (Sekdes) se Kecamatan Batang Cenaku.

Jadi permintaan izin dan arahan kepada Bupati Inhu itu, suatu keharusan sebagai atasan. Sehingga rencana permohonan pembangunan Jalan Lintas Selatan kepada Plt Gubernur Riau dapat diketahui oleh Bupati.

"Semoga Bupati Inhu dapat memberi arahan dan petunjuk tentang rencana permohonan pembanguan Jalan Lintas Selatan. “Kondisi Jalan Lintas Selatan di sembilan desa Kecamatan Batang Cenaku sudah cukup memprihatinkan dan perlu penanganan secepatnya,” sebutnya.

Ditempat terpisah Ketua Komisi I DPRD Samsudin membenarkan adanya pertemuan dengan sejumlah kepala desa se-kecamatan Batang Cenaku dan membahas soal kondisi Jalinsel yang rusak saat ini. Nanti akan diupayakan menyampaikan guna memperjuangkan keluhan tersebut. [setia]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT