Pengemar Bacan Merangkak Kenegara Tetangga Malaysia

Rabu, 14 Januari 2015 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Gila batu bukan saja terjadi di Indonesia, keranjingan ingin mengkoleksi batu ini kini sudah merambah kenegara tetangga Malaysia, namun walau begitu geliat pengerajin tidak seperti di daerah kita Indonesia.

Sejumlah orang mengatagorikan ada beberapa jenis Batu misalnya Bacan berdasarkan warna, harga dan bahan pembuatan yang di produksi oleh pengrajin perhiasan batuan alam khusunya cincin dan kalung. Saat ini, ada dua macam bacan asli dari kepulauan Bacan yaitu Doko dan Jenis Palamea, semuanya masuk katagori termahal.

Misalnya penambang batu bacan yang bersal dari desa doko dan desa palamea memiliki hasil produk yang berbeda kualitas, hal ini disebabkan jenis batuan pembentuk dan lamo proses pembentukan fosil batu tersebut. Batuan asli dari alam semuanya adalah hasil dari pembekuan fosil dan metabolisme perut bumi selam ratusan bahkan ribuan tahun silam.
Jenis Batu Bacan

Bacan mahal bisa dilihat dari serat dan gambar, juga jenis Batu Bacan itu sendiri, MIsalnya kolektor permata dan barang antik sangat menyukai batuan yang berasal dari kepulauan maluku ini, harga termahal yang pernah terjual adalah 700 juta rupiah untuk 1 ons batu bacan asli berkualitas terbaik ada beberapa jenis.

"Batu ini mahal dikatagorikan berasarkan daerah produksi dan warna yang terlihat saat menggunakan mata tanpa mikroskop," Jelas pengamat batu Bacan Pelalawan, Riau, Barus, Rabu (14/1/15).

Dicontohkannya, Batu Bacan Doko namanya diambil dari nama desa Doko kecamatan Bacan, kualitas bahan yang ditambang di daerah doko cukup bagus dengan ciri khas warna hijau basah. Kristal yang terbentuk dari fosil karang dan pohon yang tumbuh di sekitar sungai adalah pembentuk utama dari cincin berkualitas tinggi ini.

"Warna kehijauan mirip dengan Batu Akik Lumut Hijau yang diproduksi oleh pengrajin dari Baturaja, bagian dalam nampak terisi dengan fosil pakis yang berumur sangat tua," Jelas Barus diharapkannya bagi pemula agar berhati - hati dalam membeli Bacan ini.

Sementara jenis kedua, Batu Bacan Palamea, diman batu ini di angkat oleh penambang desa Palamea bekerja keras untuk mendapatkan biji batu cincin bacan Palamea karena sangat sulit didapat dibandingkan dengan Bacan Doko, karena sangat sulit didapat dan memiliki khasiat yang banyak dipercaya orang bisa meningkatkan pancaran aura dari dalam tubuh dan menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit.

"Batu Bacan Palamea warnanya hijau jernih bahkan ada yang transparan, sedikit berbeda dengan si doku yang memiliki corak lumut didalam biji cincin," Jelasnya.

Ditambahkan Barus mengenai harga Cincin Bacan, katanya harga termurah untuk pembeli indonesia adlah sekitar 250 ribu hingga 8 juta rupiah sedangkan harga termahal yang pernah terjual adalah 700 juta rupiah untuk bacan palamea.

Kalau jenis bacan Doko dan bacan Palamea yang memiliki corak yang berbeda, harga 1 buah cincin bacan lokal dapat kita beli dengan harga 250 ribu saja," Tukasnya.(Basya)

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT