Tirukan Ucapan Manusia, Orangutan Dinilai Makin Cerdas

Sabtu, 10 Januari 2015 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Apakah orangutan akan berevolusi menjadi manusia? Pertanyaan unik itu memang banyak dilontarkan oleh peneliti, namun kali ini bukti akan adanya evolusi itu semakin mendekati kenyataan.

Seekor orangutan bernama Tilda yang sekarang berada di kebun binatang Cologne, Jerman, diketahui mampu belajar bersiul yang mengeluarkan suara mirip dengan perkataan manusia, Daily Mail (09/01).

Tetapi jangan bayangkan suara yang dihasilkan Tilda 100 persen mirip dengan suara kita. Sebab sampai saat ini Tilda baru bisa menirukan suara konsonan dengn 'benar'. Suara konsonan (selain a,i,u,e, dan o) yang disuarakan oleh Tilda juga lebih mirip sebuah nyanyian.

Ahli biologi yang mempelajari Tilda mengaku bila si orangutan betina tersebut mengeluarkan suara-suara tersebut murni tanpa dilatih. Tilda diduga awalnya melakukan hal itu untuk menarik perhatian si penjaga kandang. Ya, Tilda melakukannya hanya agar si pawang memberinya makanan.

"Penelitian akan 'panggilan' orang utan sangat sejalan dengan tujuan kita untuk memahami evolusi dari kemampuan berbicara pada manusia," ujar Profesor Serge Wich, ahli primata dari Universitas Liverpool.

Menariknya, Tilda adalah orang utan keturunan Indonesia yang lahir tahun 1960 lalu di Kalimantan. Tilda awalnya penghuni kebun binatang di Swiss sebelum akhirnya mendarat di Jerman tahun 2007.

Tilda yang menghabiskan 50 masa hidupnya di kandang itu sejatinya adalah dilatih untuk melakukan trik-trik untuk menghibur manusia. Dr. Wich percaya bila trik-trik itulah yang menyebabkan Tilda mampu melakukan komunikasi bak manusia.

"Orang utan sepertinya mempunyai kemampuan belajar dan melakukan panggilan jauh lebih tinggi dibanding yang kita perkirakan beberapa tahun lalu," tambah Dr. Wich.

Apakah suatu saat nanti orang utan akan benar-benar bisa berbicara layaknya manusia? Sebelum itu terjadi kita mungkin harus menjaga kelestariannya, mengingat primata khas Indonesia itu semakin hari semakin dekat dengan kepunahan. [mrd]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT