Ini 5 Fitur yang Bikin Boros Penggunaan Data

Ini 5 Fitur yang Bikin Boros Penggunaan Data

Metroterkini.com - Penggunaan perangkat mobile saat ini semakin meningkat, hal ini sejalan dengan pertumbuhan pengguna perangkat pintar, seperti smartphone yang semakin banyak. Salah satu keunggulan dari smartphone ialah perangkat ini memungkinkan penggunanya terkoneksi dengan internet.

Namun, terkadang penggunaan internet ini dapat memakan data lebih banyak, terutama apabila tidak menggunakan WiFi. Untuk meminimalisir penggunaan data, pengguna bisa memperhatikan lima fitur berikut yang bisa menghisap banyak data, seperti dilansir Cnet, Kamis (8/1/2015).

Mengunggah YouTube

Mengunggah video ke YouTube dapat memakan data kira-kira 200MB pada setiap video HD yang diunggah. Jadi, jika pengguna mengunggah lima video berdurasi satu menit per bulan, pengguna akan menghabiskan data berukuran gigabyte.

Video Chat

Jika pengguna ingin menghemat data, hentikan penggunaan Skype dan FaceTiming atau video call lainnya. Sebenarnya, ini semua tergantung pada aplikasi yang digunakan dan tampilan resolusi obrolan video.

Online Gaming

Jika pengguna merupakan pecinta game online, maka hindari game aksi real-time seperti Asphalt 8 dan Modern Combat 5. Sebab, game ini diperkirakan memakan data 1MB per menit.

Music Streaming

Salah satu penyebab borosnya penggunaan data, yakni music streaming. Jika layanan musik streaming dengan kecepatan 320 Kbps bit rate dapat menghabiskan data 2.4 MB per menit, maka pengguna dapat menghabiskan data sekira 115MB per jam, bahkan jika pengguna hanya mendengarkan beberapa kali per minggu. Jadi sangat disarankan untuk mendengarkan music streaming pada saat tersedia WiFi jika pengguna tidak ingin datanya habis.

Video Streaming

Seperti music streaming, video streaming juga dapat memakan banyak data. Menurut Netflix, diperkirakan untuk menonton video streaming akan memakan data 3GB per jam untuk video berkualitas HD.[okt]

Berita Lainnya

Index