Tim Penyelam Akan Pastikan Black Box AirAsia QZ8501

Kamis, 08 Januari 2015 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Pencarian ekor pesawat AirAsia QZ8501 memunculkan harapan menemukan black box. Tim penyelam akan mengecek keberadaan black box di ekor pesawat nahas tersebut.

"Untuk memastikan apakah black box itu masih ada di rak atau di posisinya, atau black box ini sudah terlepas dari tempatnya semula," kata Kabasarnas Marsdya FHB Soelistyo dalam jumpa pers di Kantor Basarnas, Jl Angkasa, Kemayoran, Kamis (8/1/15).

Untuk pencarian black box, Basarnas telah membekali para penyelam dengan gambar black box AirAsia. Tugas penyelam hanya mengecek keberadaan black box di ekor pesawat. Untuk pengangkatan, Basarnas akan bekerja sama dengan KNKT.

"Kita koordinasi antara KNKT dengan para penyelam kita yang ada di sana. Kenapa saya koordinasi dengan KNKT, black box ini memerlukan perlakuan khusus. Apakah skenario pertama, black box masih berada di bagian ekor, apakah boleh saya angkut sekaligus sama bagian ekornya, itu yang kita koordinasikan," papar Soelistyo.

Para penyelam yang dikoordinasikan Basarnas sudah turun untuk melakukan pengecekan pukul 06.30 WIB tadi pagi, namun visibility di dalam laut di bawah satu meter, sehingga kembali naik. Saat ini tim penyelam bersiaga untuk turun lagi.

"Menunggu arus bawah dalam kondisi memungkinkan," ujar Soelistyo. [dtc]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT