Smartphone Terbaik Dunia Bakal jadi Idola di 2015

Senin, 05 Januari 2015 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Perang smartphone dan phablet diprediksi akan memanas di tahun 2015 ini. Berbagai vendor smartphone besar mulai dari Apple hingga Xiaomi sudah menyiapkan ponsel pintar unggulan mereka untuk memenangkan perhatian publik.

Berbeda dengan tahun 2014, smartphone-smartphone terbaik yang akan lahir tahun ini mengusung tren prosesor dengan chipset 64-bit, RAM LPDDR4, dan kartu grafis Adreno terbaru. Itu masih belum semuanya, sebab beberapa smartphone diprediksi mengusung kamera berkekuatan Ultra High Definitions yang biasa disebut 4K.

Nah, berikut adalah ulasan 9 smartphone dan phablet unggulan dari para vendor besar yang akan menjadi trendsetter gadget mobile di tahun 2015 ini. Apa saja mereka?

1. Asus ZenFone 2
Asus nampaknya akan menjadi vendor pertama yang menabuh genderang perang smartphone tahun 2015. Sebab, menurut kabar yang beredar, Asus siap menjadi vendor pertama yang melaunching smartphone baru lini ZenFone generasi 2 di acara CES 2015 yang akan berlangsung tanggal 6 sampai 9 Januari.

Sebelumnya, Asus sudah mengonfirmasi bila pihaknya akan merilis generasi baru ZenFone dengan prosesor Intel di CES tahun ini. Sepertinya, Asus memberikan sentuhan lebih di kamera ZenFone 2, terutama dengan hadirnya fitur dual LED flash.

2.Motorola Moto G 2015
Moto G seri 2015 diklaim menjadi penerus kejayaan smartphone murah Motorola di tahun ini. Sebagai gambaran, Moto G diprediksi jauh lebih canggih dari pendahulunya dengan bermodal prosesor Snapdragon 410 berarsitektur 64-bit.

Motorola Moto G 2015 Edition kabarnya mulai dijual sekitar kuartal kedua tahun ini atau sekitar bulan Maret.

3.Sony Xperia Z4
Jika bertanya apa smartphone flagship paling tangguh di pasaran, lini smartphone Xperia pasti jadi yang pertama disebut. Nah, mengingat setiap tahun Sony selalu mengeluarkan generasi terbaru Xperia, tahun ini perusahaan yang baru diterpa kasus peretasan itu sudah menyiapkan Xperia Z4.

Smartphone tersebut dikabarkan siap dirilis di akhir bulan Februari nanti, mendahului jadwal rilis smartphone unggulan lain. Berdasarkan rumor yang beredar, Xperia Z4 dilengkapi oleh layar Quad-HD seperti milik LG G3 berukuran 5,5 inci. Selain itu, prosesor terbaik Qualcomm, Snapdragon 810, juga diketahui akan menjadi pusat dapur pacu Xperia Z4.

4.Xiaomi Mi5
Dengan meroketnya minat publik terhadap smartphone buatan Xiaomi, vendor asal China itu kembali menghentak pasar di tahun 2015 dengan smartphone baru mereka, Mi5.

Sama seperti Mi3 dan Mi4, Xiaomi Mi5 akan meneruskan tradisi smartphone murah berkualitas yang berhasil membuat Xiaomi menjadi vendor nomor satu di China hanya dalam satu tahun! Smartphone unggulan itu diharapkan sudah bisa dijual via internet di bulan Juli nanti.

5.LG G4
Tahun lalu, LG berhasil membuat chipset canggih buatan mereka sendiri yang diharapkan muncul di LG G4. Kehadiran smartphone tersebut juga akan menjadi ajang 'balas dendam' LG atas sedikit kegagalan pada layar Quad-HD yang dilaporkan muncul di layar 5,5 inci milik LG G3.

Sayangnya, publik kelihatannya baru akan melihat sepak terjang dari LG G4 di bulan Mei nanti. LG nampaknya juga mempersiapkan kejutan lain di LG G4, mungkinkah kehadiran stylus super seperti milik Galaxy Note 4? Kita lihat saja nanti.

6.HTC One M9 (Hima)
HTC masih berlanjut mengeluarkan lini smartphone canggih yang menawan di bawah bendera HTC One. Kali ini, mereka sudah bersiap beradu dengan vendor besar seperti Apple dengan merilis HTC One M9 sekitar bulan Maret.

HTC One memang terkenal setelah dianggap sebagai smartphone inspirator dari iPhone 6. Sebelumnya, banyak pengamat yang memuji HTC One M8 sebagai smartphone aluminium dengan eksterior paling bergaya.

7.Samsung Galaxy S6
Samsung menjanjikan Galaxy S6 adalah smartphone yang benar-benar berbeda dari seri sebelumnya dengan memasukkannya proses pembuatannya dalam sebuah proyek bernama 'Project Zero'. Oleh sebab itu, tidak salah bila publik berharap lebih pada Samsung kali ini.

Galaxy S6 diprediksi akan menjadi smartphone pertama Samsung yang dibekali dengan prosesor Snapdragon 810 berarsitektur 64-bit. Menariknya, di sektor kamera rumornya terdapat sensor IMX240 milik Sony yang mampu memberikan resolusi hingga 21 megapiksel.

Menurut kabar yang beredar di media internasional, Samsung sedianya merilis Galaxy S6 di awal bulan Maret tahun ini.

8.Samsung Galaxy Note 5
Kurang lengkap rasanya jika membahas phablet yang paling dinanti tahun ini tanpa menyertakan kandidat terkuatnya, Galaxy Note 5. Meskipun Galaxy Note 4 belum lama dirilis secara luas di pasaran, namun desas-desus kehadiran Galaxy Note 5 sudah mengemuka.

Beberapa sumber yang mengaku dekat dengan Samsung menyatakan bila Galaxy Note 5 dibekali dengan layar terbaik tahun ini, layar 4K berukuran 5,9 inci! Namun phablet ini belum akan menyapa publik dalam waktu dekat, sebab Galaxy Note 5 diprediksi baru rilis awal bulan September.

9.iPhone 6s
Setiap tahun, Apple juga selalu memperbarui generasi iPhone mereka. Tetapi untuk tahun ini kemungkinan besar iPhone 7 belum akan keluar, digantikan oleh iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.

Apple memang terkenal cukup hebat dalam menyembunyikan informasi seputar lini iPhone baru itu. Hingga saat ini belum ada informasi terpercaya seputar spesifikasi dari iPhone 6s. Akan tetapi, para pengamat yakin Apple akan melempar iPhone 6s dan iPhone 6s Plus ke pasaran di pertengahan bulan September nanti. [mer]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT