Seperti Apakah Black Box AirAsia QZ8501 yang Hilang?

Rabu, 31 Desember 2014 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak mulai menemui titik terang di hari ketiga pencarian. Sejumlah serpihan dan benda bagian dari pesawat berhasil ditemukan. Informasi terakhir, 6 jasad korban sudah dievakuasi.

Namun hingga kini, black box atau kotak hitam pesawat tipe Airbus A320-200 itu belum berhasil ditemukan. Berkaitan dengan hal itu, Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menyerahkan persoalan ini ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo, mengatakan perlu perlakuan khusus terhadap black box. Jika nanti ditemukan, maka proses pengangkatannya pun tidak bisa sembarangan. Mengingat, data di dalam Voice Cockpit Recorder (VCR) ‎dan Flight Data Recorder (FDR) yang terdapat pada black box sangat penting untuk diteliti oleh KNKT.

Seperti dikutip metroterkini.com dari TeknoLiputan6.com, Rabu (31/12/14), ada 6 pinger detector yang akan dipakai untuk mencari sinyal emergency yang menempel di black box.

Pinger detector sendiri adalah bagian dari black box yang akan mengeluarkan suara ketika sinyal ditangkap radar sonar. Selanjutnya, pinger detector akan mendeteksi bunyi tersebut hingga 200 meter.

Enam alat pinger detector yang akan digunakan dalam mencari sinyal emergency yang menempel di black box diinformasikan milik KNKT Indonesia, KNKT Singapura, dan KNKT Inggris. [**]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT