Libur Akhir Tahun ke Pulau Bulat Yuk, Pantainya Sebening kaca

Senin, 29 Desember 2014 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sudah punya rencana libur akhir tahun nanti? Kalau belum, Anda bisa memasukan Pulau Bulat ke daftar destinasi yang akan dituju. Inilah pulau yang punya air jernih sebening kaca dan berpasir putih. 

Libur akhir tahun ke pantai, mungkin jadi salah satu agenda Anda. Berkunjung ke pantai dengan pasir putih yang terhampar luas dapat Anda nikmati di Pulau Bulat, salah satu gugusan pulau kecil di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta.

Anda dapat menuju pulau ini dari Muara Angke dengan menaiki kapal menuju dermaga Pulau Harapan. Dari Pulau Harapan, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Pulau Bulat dengan kapal carteran sendiri. Waktu tempuh dari Pulau Harapan menuju Pulau Bulat kurang lebih sekitar 20 menit.

Jangan buru-buru pulang ketika sudah menginjakkan kaki di Pulau Bulat. Selain bermain pasir, Anda juga bisa melihat langsung keindahan alam bawah lautnya yang masih terpelihara. Diantara terumbu karang juga masih banyak ditemui bintang laut dan kerang-kerang laut yang indah berwarna-warni.

Sesuai dengan namanya, pulau ini berbentuk bulat dan tidak terlalu luas. Hanya 1,28 ha di Kecamatan Pulau Harapan. Memasuki dermaga pantai, Anda akan melihat Pulau Bulat yang memukau dengan air pantai yang jernih, yang dikelilingi gugusan bebatuan semacam tanggul yang menghalangi ombak besar mampir ke Pulau Bulat.

Anda bisa dengan mudah dan cepatnya mengelilingi pulau tanpa khawatir tersasar. Pulau yang tak berpenghuni ini memang sudah kurang terawat dan hanya dihuni penjaga pulau.

Konon katanya, pulau ini milik mantan penguasa Orde Baru yakni keluarga Cendana (Pak Soeharto). Biasanya orang datang ke Pulau Bulat untuk memancing.

Ada beberapa bangunan semacam penginapan yang cukup besar namun sama sekali tidak terpelihara dengan baik. Pulau ini bukan lokasi kemping yang disarankan karena tidak tersedia area kemping maupun MCK yang memadai (tidak ada kakus). Tapi memang bisa menjadi alternatif bagi traveler yang suka kemping.

Walaupun pulau ini disebut pulau pribadi, namun tetap bisa dikunjungi. Pulau Bulat sangat memukau dengan keindahan warna air lautnya dan hamparan pasir putih yang jernih. Ini akan membuat siapa saja merasa seperti tidak sedang berada di Jakarta.

Menyaksikan sunset dari pantai di Pulau Bulat ini tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai lainnya di sekitar kepulauan seribu. Jadi, siapkan kamera Anda, banyak pemandangan di sekitar pulau yang sayang sekali jika tidak diabadikan lewat foto.[tvd]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT