Ikan Arwana Masih Ditemukan di Sungai Kampar Langgam

Sabtu, 27 Desember 2014 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Ternyata Sungai Kampar masih menyimpan ikan langka yang sangat susah didapat saat ini, ikan bernama Arwana ini memakan pemancing warga asal Pangkalan Kerinci, di Sungai Segati di Desa Tambak Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau, Kamis (25/12/14) kemaren.

"Dengan susah payah saya taklukan ikan arwana yang ternata seberatnya 7 kilogram. Awalnya saya pikir ini ikan Tapah," jelas Firdaus (20), Sabtu (27/12/14)

Warga Pangkalan Kerinci, ini pergi pagi dari rumahnya, sekitar jam 6 WIB, setelah dilokasi sekitar pukul 10.00 WIB umpannya berupa kodok hidup disambar ikan yang sangat mahal ini.

"Hanya 3 kali lemparan umpan pancing saya langsung disambar ikan besar yang diduga kelaparan ini," jelasnya.

Saat ini ikan tersebut sudah mati, setelah di masukkan keramba nelayan yang ada di lokasi itu, dalam perut ikan ditemukan 40 butir telur yang siap akan menetas.

"Namun sayang seiring matinya induk arwan ini, anaknya ikut mati," jelasnya.

Ikan jenis Golden Red ini saat ini langka di Sungai Kampar disebabkan oleh limbah perusahaan dan perambahan untuk perkebunan sawit, yang menyebabkan ikan ini susah untuk berkembang biak, namun saat Bupati Pelalawan telah membuka Danau Kajuik sebagai tempat berkembangnya populasi ikan ini untuk berkembang biak. [basya/juli]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT