Rekor Robbie Fowler di Boxing Day Belum Tergantikan

Jumat, 26 Desember 2014 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Mantan penyerang Liverpool, Robbie Fowler, mencatatkan diri sebagai striker yang paling sering mencetak gol pada Boxing Day, atau laga yang digelar satu hari setelah natal. 

Total sembilan gol yang dicetak oleh Fowler pada pertandingan-pertandingan yang digelar pada 26 Desember, belum tersaingi oleh penyerang lainnya.

Dalam waktu dekat, rekor mantan penyerang Manchester City ini pun tampaknya belum akan dipecahkan oleh pemain lain. 

Pasalnya, yang berada di daftar pencetak gol terbanyak di Boxing Day adalah para penyerang yang telah pensiun atau sedang tidak dalam performa terbaiknya lagi.

Di peringkat dua setelah Fowler adalah Robbie Keane dan Alan Shearer yang sudah mencetak delapan gol pada 26 Desember. Shearer kini telah pensiun sementara Keane merumput di Liga Amerika Serikat (MLS) bersama Los Angeles Galaxy.

Di tempat selanjutnya adalah striker yang baru saja mengumumkan gantung sepatu, Thierry Henry, dengan tujuh gol sementara Jermain Defoe dan Dimitar Berbatov memiliki catatan enam gol. 

Sementara itu, ada dua pemain yang masih aktif bermain yang memiliki lima gol di Boxing Day, yaitu Steven Gerrard dan Frank Lampard. Keduanya ditemani oleh mantan penyerang Setan Merah, Andy Cole, yang juga mengoleksi torehan lima gol Boxing Day.

Lampard sendiri memiliki catatan khusus, yaitu menjadi pemain yang paling sering bermain di tanggal 26 Desember, yaitu sebanyak 16 kali.

Rekor Laga Paling Seru

Jika torehan gol masih dipegang oleh Robbie Fowler, maka total gol terbanyak dalam satu Boxing Day masih terdapat pada musim 1999/2000.

Kala itu, tercatat 35 gol berhasil disarangkan oleh tim-tim Liga Inggris, termasuk di antaranya kemenangan 3-2 Coventry City atas Arsenal, kemenangan 5-0 Everton atas Sunderland, dan juga Manchester United mebobol gawang Bradford United empat kali demikian pula dengan Tottenhan Hostpur yang empat kali menjebol Watford City.

Sementara itu, laga Boxing Day di era Liga Primer Inggris dengan jumlah gol paling banyak adalah ketika Chelsea menjamu Aston Villa pada 26 Desember 2007. 

Gol menit akhir yang dicetak oleh Gareth Barry ke gawang Chelsea memastikan Aston Villa bisa meraih satu poin dengan memaksakan hasil menjadi imbang dengan skor 4-4. [cnni]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT