HIPMI Bengkalis Gelar Seminar Entrepreneurship

Senin, 22 Desember 2014 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Badan Pengurus Cabang Kabupaten Bengkalis mengelar seminar entrepreneurship bertemakan "Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Dikalangan Generasi Muda Guna Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Yang Berjiwa Kebangsaan”.

Seminar tersebut dilaksanakan di Pujasera HIPMI Bengkalis, Jumat (19/12).

Pengusaha muda, mahasiswa dari berbagai kampus dan siswa dari dari berbagai sekolah di Bengkalis  menghadiri acara tersebut. Bahkan, mereka sangat antusias mendengarkan pembahasan materi dan kisah inspiratif dari  Ketua umum HIPMI Riau Ahmi Septari Djasit dan narasumber dari HIPMI Bengkalis, Darmansyah dan Darma Firdaus Sitompul yang merupakan pengusaha  di Bengkalis.

Ketua panitia pelaksana seminar  yang juga sebagai bendahara umum HIPMI Bengkalis Darma Firdaus Sitompul mengatakan seminar entrepreneurship dilaksanakan untuk membuka mindset pemuda yang ada di Kabupaten Bengkalis agar bisa menjadi pengusaha yang siap bersaing menghadapi MEA 2015.

“Pemuda Bengkalis harus bisa merubah mindset agar  menjadi pengusaha, pemuda jangan berharap untuk jadi PNS saja, berwirausahalah sejak dari muda ini, masa muda bukan untuk bermalas-malasan,” papar Darma.

Dikatakan, menghadapi MEA 2015  ada  hal positifnya dan negatifnya.

“Bila kita siap menghadapinya maka ini adalah sebuah peluang bisnis yang sangat luar biasa, tapi sebaliknya jika kita tidak siap untuk menghadapi MEA 2015 ini maka tingkat persaingannya akan lebih tinggi," katanya.

Ketua umum HIPMI Riau Ahmi Septari Djasit  menjelaskan betapa pentingnya generasi muda dan masyarakat memiliki semangat kewirausahaan sejak muda dan bisa membaca peluang yang ada sehingga usaha bisa mendapatkan kesuksesan.

Masyarakat Indonesia terutama Kabupaten Bengkalis dituntut untuk kreatif dan bisa membaca peluang bisnis karena banyak sektor usaha yang bisa dikembangkan dan jika ditekuni dengan maksimal maka kesuksesan pasti akan didapatkan.

Kegiatan seminar Entrepreneurship ini diharapkan dapat menghasilkan para pengusaha hebat di masa mendatang.

Darmansyah memberikan materi membangun karakter pengusaha dan Darma Firdaus Sitompul memberikan materi merintis dan memulai usaha.

Keduanya menceritakaan pengalaman-pengalamannya saat memulai usahanya dari awal yang kini sudah berkembang pesat sebagai motivasi kepada peserta seminar yang hadir.

Seminar Entrepreneurship HIPMI Bengkalis itu dibuka Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, H Alfakhrurrazy.

Tampak juga hadir Ketua Umum HIPMI Bengkalis Saroni, unsur muspida Kab. Bengkalis, Kadin Bengkalis, Polres Bengkalis, Polsek Bengkalis, Dandim Bengkalis, Tokoh masyarakat, Dewan pembina dan pengurus HIPMI Bengkalis, Perusahaan swasta di Bengkalis, serta tamu undangan lainnya. [rdi]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT