Kenali Jenis Chalcedony "Batu Mulia" Pacitan

Jumat, 19 Desember 2014 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

Chalcedony Pacitan di bagi menjadi 3 tingkatan berdasarkan warna,
1. Golden Supreme (Emas Terbaik), untuk warna yang keemasan disebut Yellow Chalcedony.

Golden Supreme
2. Supreme Sunrise (Sinar Mentari pagi terbaik), untuk warna kuning muda (light Yellow Chalcedony).

Supreme Sunrise
3. Red Baron (Bangsawan Merah), untuk warna merah keemasan disebut Golden Redish.

Red Baron
4. Princess Snow White (Putri Salju), untuk warna putih (White Chalcedony), bila berasal dari bukit disebut princess Ndasar Chalcedony Snow White, bila dari sungai princess snow white Chalcedony.

Princess Snow White
5. Untuk warna-warna lainnya yang semu Kehijauan, Pink, Abu-Abu, Kuning atau semu lainnya, saat disenter/dikenai sinar baru berubah kuning muda. dan lainnya dimasukkan dalam pengklasifikasian warna dengan sebutan bakal Calon Raja yaitu Prince (Pangeran). Kemudian diikuti asal tambang dari bukit Prince Ndasar dan dari sungai Prince Keladen.

6. Suprime Sunset (Matahari Terbenam terbaik) untuk varian Orange Chalcedony.
Red Baron
Penyebutan Red Baron sendiri berasal dari seorang pengrajin donorojo yang bernama Kang Samidi yang menemukan variant Chalcedony sangat kristal dan sangat menarik sekali, hasil pencariannya dia turun naik mengitari selama 3 hari di Bukit Ndasar. Maka dari hasil penemuan itu disepakati penamaan yang mewakili warna yang Keemasan namun condong ke Merah (Golden Reddish). Warna ini sangat berbeda sekali dengan yang beredar di pasaran, di pasaran warna Chalcedony-nya lebih ke warna Cempaka atau Kenanga.

Hijau Pacitan masuk ke Klasifikasi Prince:
Warna Hijau Pacitan yang legendaris berusaha dicari kembali oleh Tim Laras Selo. Pada kenyataannya yang dimaksud Hijau Pacitan (semu Kehijauan) yang dimiliki Laras Selo dimasukkan dalam klasifikasi Prince. Baik yang Prince Ndasar maupun Prince Keladen. Walaupun demikian material Prince tersebut sesungguhnya juga masuk kategori langka. Dikarenakan material Hijau Pacitan sudah habis dikarenakan eksploitasi besar-besaran di masa lalu dan biasanya jatuh ke tangan para Kolektor Elit Batuan Nusantara.

Supreme Sunset
Penyebutan warna atau klasifikasi warna baru yang ditambahkan ialah Supreme Sunset (Matahari Terbenam Terbaik) datang dari diangkatnya variant warna Orangy Yellow Chalcedony oleh Mbah Timbul dan Kang Samidi yang mendapat batuan dari Bukit Ndasar.

Adapun yang memperkenalkan Specimen Pacitan Keladen dan Ndasar ke dunia Internasional, seperti Malaysia, Singapura, Perancis, Amerika dan Taiwan serta lainnya ialah rekan-rekan yang berasal dari Solo. Bahkan dalam penjualannya di Thailand, Supreme Sunset dan Red Baron (warna yang diterima pasar) dinamai dengan King Picis Tomato, mengambil dari nama panggilan dari seorang Maestro yaitu Mas Picis Rojobrono. [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT