New BlackBerry Classic, BB Berbasis Android

Kamis, 18 Desember 2014 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - BlackBerry baru saja meluncurkan posel baru yang menggunakan desain orisinil mereka, sedikit kotak dan pakai keyboard fisik. Uniknya ponsel ini diklaim mampu menjalankan aplikasi Android.

Di atas panggung dalam sebuah acara di New York, John Chen CEO BlackBerry mengumumkan langsung BlackBerry Classic. Ponsel ini sekaligus menjadi produk keempat yang diluncurkan BlackBerry di sepanjang 2014.

Chen mengklaim, meski tampilannya mirip dengan BlackBerry sebelumnya (Dakota) namun ponsel ini sudah dibekali fitur-fitur terkini, spesifikasinya pun tergolong mentereng untuk ponsel ukuran BlackBerry.

“Semuanya sudah ditingkatkan. Satu-satunya yang kami pertahankan adalah keyboard, dan menambahkan tombol navigasi serta trackpad baru,” kata Chen.

BlackBerry Classic dilengkapi layar sentuh 3,5 inch dengan resolusi 720 x 720 pixel dikedalaman 294 ppi. Cukup tajam, walau secara keseluruhan tampilannya tak berbeda jauh dengan BlackBerry sebelumnya.

Bagi para pencinta BlackBerry, ini mungkin ponsel yang mereka idamkan. Keyboard-nya masih menggunakan tipe lawas dengan papan qwerty empat baris yang diklaim empuk dengan tuts cukup besar. 

Pemakaian keyboard itu semakin dimaksimalkan dengan kemampuan navigasi canggih BlackBerry Classic. Ponsel ini dapat memadukan kemampuan layar sentuh, tombol navigasi dan trackpad untuk beberapa fungsi. Ponsel ini juga punya banyak fungsi pintas untuk memudahkan penggunanya.

Tombol R misalnya, tombol ini bisa dipakai untuk membalas pesan seperti e-mail atau pesan instan yang baru saja diterima. Tata letak tombol fisik BlackBerry Classic juga ditingkatkan, konon hal ini bisa meningkatkan akurasi mengetik hingga empat kali lipat dibanding mengetik di layar sentuh.

Spesifikasi yang Lebih Baik

Urusan mengambil gambar, BlackBerry Classic dilengkapi dengan lensa kamera 8 MP di bagian belakang dan 2 MP di depan. Sedangkan dapur pacunya ditopang prosesor dua inti 1,5 GHz, memori RAM 2 GB dan kapasitas memori internal 16 GB. Kalau kurang pengguna bisa menambahkan lewat microSD hingga 128 GB.

BlackBerry Classic menggunakan sistem operasi terbaru, yakni BB10 versi 10.3.1 yang sudah dilengkapi beberapa fungsi baru, contohnya dukungan terhadap aplikasi Amazon Android Appstore. 


Fungsi lain yang ditingkatkan pada BlackBerry Classic adalah daya tampung baterai yang mencapai 2515 mAh, klaimnya bateri ini bisa membuat ponsel hidup selama 8 jam setelah diisi penuh. Kemampuan tambahan lain adalah Bluetooth 4.0, 4G LTE, Wi-Fi, radio FM dan NFC BlackBerry Tag.

Sesaat setelah diluncurkan BlackBerry Classic langsung dijual di Amerika Serikat, harganya dipatok sekitar USD 450 atau setara Rp 5,6 juta.[cnn]

 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT