Pemerintahan Jokowi Rencanakan 2015 Bangun 13 Waduk

Kamis, 18 Desember 2014 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Sebanyak 49 waduk yang disebar di sejumlah wilayah Indonesia ditargetkan bakal dibangun Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam kurun waktu 3-4 tahun. Presiden Jokowi sapaan akrabnya, kembali mengungkapkan rencana itu di depan seluruh jajaran Kabinet Kerja, para Bupati, Walikota serta beberapa Gubernur dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas).

Awalnya Jokowi hanya berencana membangun 30 waduk. Namun, seiring dengan lawatannya ke berbagai Daerah, Jokowi kebanjiran permintaan dalam pembangunan waduk, sehingga menjadi 49 waduk.

"Jadi totalnya 49 waduk, tahun depan akan bangun 13 waduk. Rencananya 11, tapi lapangan bisa 13. Tambahannya ada di APBNP, tidak ada masalah," ujar Jokowi, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (18/11).

Jokowi juga menargetkan pembangunan 1 juta hektare (ha) irigasi pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Dia meminta kepala daerah ikut berperan mengawasi pembangunan lahan irigasi.

"Kalau irigasi bisa kita wujudkan, kedaulatan pangan tidak akan jauh dari kita. Ini pekerjaan yang besar dalam waktu yang singkat. Mimpi dan ambisi besar dan harus diawasi dengan baik. Karena menyangkut anggaran yang besar," tandas Mantan Walikota Sola tersebut. [mer]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT