Misteri Pemakaman Sejuta Mumi di Mesir

Rabu, 17 Desember 2014 - 00:00:20 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Lebih dari satu juta mumi ditemukan dalam sebuah komplek pemakaman kuno di Mesir. Tapi asal mula dan kisah pemakaman mumi ini masih menjadi misteri, meski para arkeolog sudah menggalinya sejak 30 tahun lalu. 

Pemakaman itu diduga berasal dari 1.500 tahun yang lalu. Bersamaan dengan masa Kekaisaran Romawi menguasai dataran Mesir.

Tim arkeolog dari Brigham Young University, Amerika Serikat, telah melakukan penggalian selama kurang lebih 30 tahun untuk mengungkap penguburan mumi itu. 

Dalam pemakaman, yang dikenal dengan nama Fag el-Gamous, itu banyak ditemukan jasad anak anak. "Kami cukup yakin terdapat lebih dari satu juta penguburan jasad pada makam ini. Ini sangat besar dan padat," kata Kerry Muhlestein, Direktur Proyek penggalian ini, seperti dikutip dari Livescience, Rabu (17/12).

Para ahli memperkirakan bahwa pemakaman ini bukanlah pemakaman raja atau bangsawan. Jasad yang ditemukan tidak diletakan dalam peti mati atau benda sejenisnya. 

Kemungkinan besar ini adalah makam dari rakyat Kekaisaran Bizantium dari abad I hingga abad VII Masehi.

Meskipun kuburan ini diperkirakan digunakan untuk rakyat jelata pada jaman kekaisaran, para peneliti menemukan beberapa benda eksotis yang sangat indah dan dirancang untuk anak anak. Seperti kaca, kain, hingga kaus kaki untuk bayi.

"Ada beberapa bukti bahwa mereka mencoba banyak proses mumifikasi secara penuh. Jari, kuku, otak, dan lidah diawetkan secara luar biasa," kata para peneliti.

Masih menjadi misteri dari mana jutaan mumi itu berasal. Tidak jauh dari pemakaman tersebut terdapat sebuah desa yang pada jamannya menjadi tempat pemukiman.

Namun, peneliti tidak menganggap bahwa kuburan ini adalah pemakaman dari warga desa di sana. Jumlah mumi yang ditemukan terlalu banyak jika dibandingkan dengan jumlah penduduk sebuah desa.

Di dekat sana juga ada kota kuno bernama Philadelphia, yang diambil dari nama Raja Ptolemy II: Philadelphus. Tapi kota ini punya komplek pemakamannya sendiri.  

Ada juga pyramid tak jauh, yang dibangun lebih dari 4.500 tahun lulu. Tapi penanggalannya lebih dari dua millennium sebelum pemakaman misterius itu digunakan. [cnn]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT