Jeb Bush Kandidat Kuat Dalam Pilpres AS

Rabu, 17 Desember 2014 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Jeb Bush hampir bisa dipastikan akan maju dalam pemilu presiden AS pada 2016.

Leeway lama Facebook-nya pada Selasa (16/12), mantan gubernur Florida itu mengatakan akan “mengeksplorasi dengan aktif” protensi kampanye 2016. 

Pengumuman itu membuat Bush menjadi kandidat kuat pertama dari Partai Republik yang secara formal mengumumkan akan maju pada pilpres AS untuk menggantikan Obama.

Jeb Bush adalah anak mantan Presiden AS George H. W. Bush, presiden AS pada 1989-1993 dan adik George W. Bush, mantan Presiden AS sebelum Obama.

Langkah Jeb Bush menuju Gedung Putih itu telah menyulitkan kandidat lain dari Partai Republik, termasuk bagi Mitt Romney yang juga maju pada pilpres 2012 lalu.

Jik Bush maju, maka kemungkinan besar Romney akan mundur mengingat mereka akan bersaing untuk donor dan pendukung yang sama.

Seorang pendonor Romney mengatakan bahwa Bush telah aktif berbicara pada beberapa penggalang dana utama soal keputusannya untuk maju.

“Jeb akan mendapatkan dananya, dan dia juga akan mendapat dukungan dari Florida,” kata Brian Ballard, ketua keuangan untuk Romney pada 2012.

"Mitt mengatakan santai jika Jeb terlibat, bahwa ia mungkin tidak akan ikut maju," kata Mel Sembler, pendukung Romney pada 2012 dan donor lama  keluarga Bush di Florida.

Namun sebuah sumber yang dekat dengan Romney mengatakan pengumuman Bush tidak mengubah mengubah rencana Romney.

Gubernur New Jersey Chris Christie dan Perwakilan Paul Ryan dari Wisconsin adalah salah satu potensi pesaing Gedung Putih lainnya yang dapat dipengaruhi oleh keputusan Bush .

Majunya Bush juga disebut menyingkirkan calon kandidat kuat lain dari Partai Republik seperti Gubernur New Jersey Chris Christie dan anggota dewan Paul Ryan dari Wisconsin. [cnni]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT