5 Bahasa Cinta, Untuk Evaluasi Hubungan Mu Dengan Si Dia

Selasa, 16 Desember 2014 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - “Bagaimana ini?. Aku udah ngelakuin semuanya buat si Dia, tapi Dia kelihatannya masih tidak senang. Kenapa ya?”

Kalau kamu adalah salah seorang yang pernah menanyakan hal di atas (baik wanita maupun pria), mungkin seorang Dr. Gary Chapman dengan teorinya Five Love Languages (Lima Bahasa Cinta) dapat membantu kamu mengevaluasi hubungan kamu.

Menurut Dr. Gary Chapman, bahasa cinta digolongkan menjadi lima. Bahasa cinta adalah cara orang mengekspresikan perasaan cintanya pada orang lain, dan bila cara tersebut dilakukan oleh pasangannya maka akan membuatnya merasa dicintai. Di bawah ini akan saya jabarkan secara ringkas kelima bahasa cinta; kemudian di artikel selanjutnya akan saya jelaskan aplikasinya dalam sebuah hubungan.

Sebelum diaplikasikan dalam hubungan, langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah mengenali diri sendiri. Karena setiap orang memiliki bahasa cintanya masing-masing. Sebenarnya, setiap manusia pasti mengenali kelima bahasa cinta ini. Masalahnya, yang mana yang paling utama, itulah yang paling menentukan; silakan kamu pilih dua bahasa cinta yang paling menyentuh hati kamu.

1. Words of Affirmation
Bahasa sehari-harinya: pujian; bisa juga berarti kalimat-kalimat membangun. Bagi kamu yang bahasa utamanya adalah words of affirmation, kamu akan merasa sangat dicintai jika pasangan kamu memuji kamu.

“Kamu cantik sekali hari ini.”
“Sayang, kamu kelihatan keren deh waktu main futsal tadi.”
“Sayang, makasih, ya, udah mau temenin aku fitting wedding dress hari ini.”

Hari-hari kamu dijamin menjadi sangat indah jika diawali dengan sapaan dan kata-kata penyemangat dari lingkungan kamu.

2. Quality Time
Bahasa cinta nomer dua ini berarti menghabiskan waktu bersama; atau melakukan kegiatan bersama. Misalnya, kamu sangat hobi main catur; dan bermain catur bersama pasangan dapat membuat kamu merasa sangat dicintai – dan pada akhirnya, menambah kadar kecintaan kamu kepada pasangan. Hal lain misalnya, sepulang kerja, kamu sangat menikmati waktu-waktu di mana kamu dan pasangan ngobrol berdua tanpa gangguan apapun selama berjam-jam.

3. Receiving Gifts
Kamu penyuka hadiah. Hadiah apapun – besar maupun kecil, murah ataupun mahal. Ketika seseorang memberi kamu hadiah – walaupun itu hanya sebuah selipan buku, it will make your day. Ketika kamu melihat seorang teman diputusin pacarnya, hal pertama yang kamu terpikirkan adalah membelikan dia sesuatu untuk menghibur. Ketika merencanakan pernikahan, kamu pun paling senang memilih hadiah untuk dibagikan pada para tamu. 

4. Acts of Service
Bahasa mudahnya: dilayani. kamu adalah tipe yang merasa sangat dicintai jika pasangan kamu membukakan pintu, membawakan tas kamu, menyucikan piring, atau memijat punggung kamu. kamu juga sangat senang jika dia menawarkan diri untuk membantu projek kerja kamu. kamu senang bila melihat pasangan kamu mengeluarkan usaha untuk membahagiakan kamu.

5. Physical Touch
Sentuhan fisik. Sentuhan fisik dalam hal ini tidak melulu masalah seks. Sentuhan fisik mencakup bergandengan tangan, kecupan, dan pelukan hangat. Contoh paling mudah untuk menentukan apakah kamu berbahasa cinta kategori physical touch adalah ketika kamu menghibur. Ketika teman kamu sedang sedih, apa yang kamu lakukan? Jika secara otomatis kamu memeluknya, menyentuh tangannya, atau menepuk punggungnya, maka salah satu bahasa cinta anda adalah physical touch.

Jadi, setelah membaca teori Gary Chapman ini, yang manakah kamu? Pilih dua, ya, lalu sharingkan hal ini kepada si Dia![vml]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT