Mou KUA - PPAS 2015 Ditandatangani, RAPBD Bengkalis Rp4,9 T

Senin, 15 Desember 2014 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com -  Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh bersama unsur pimpinan DPRD Bengkalis, Senin (15/12/14) menandatangani kesepakatan KUA dan PPAS tahun anggaran 2015. Tahun anggaran 2015 ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengusulkan RAPBD sebesar Rp 4,9 triliun lebih.
           
Hadiri dalam acara itu, Sekretaris Daerah, H Burhanuddin, para Asisten, Staf ahli dan sebagian besar kepala SKPD serta ketua-ketua Komisi DPRD Bengkalis.

Penandatangan MoU KUA - PPAS APBD tahun anggaran 2015 dilakukan oleh Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh. Kemudian Ketua DPRD Bengkalis, H Heru Wahyudi dan dua wakil Ketua DPRD Bengkalis masing-masing Kaderismanto dan Zulhelmi.
           
Herliyan Saleh dalam kesempatan itu mengungkapkan,   ada dua hal yang menjadi poin penting dengan ditandatangani nota kesepakatan KUA dan PPAS.

Pertama, komitmen bersama atas pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang telah mengamanatkan agar bergerak lebih cepat dalam proses penetapan APBD guna menghindari konsekwensi-konsekwensi yang secara tegas telah termaktub dalam undang-undang tersebut.

Kedua, penandatanganan MoU KUA dan PPAS menjadi wujud komitmen kita bersama untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan pada tahun 2015 mendatang.

"Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kerjasama yang baik dari pimpinan dan seluruh anggota DPRD selaku mitra dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Bengkalis," kata Herliyan.

Menurut Herliyan, mengingat tahun 2015 merupakan tahun penting dalam transisi periodesasi RPJMD 2010-2015 dengan RPJMD 2015-2020, maka Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menetapkan tema pembangunan 2015 yakni “memperkuat perekonomian daerah dengan dukungan peningkatan percepatan pembangunan infrastruktur” dengan delapan prioritas daerah yaitu peningkatan akses infrastruktur, pengembangan komoditas unggulan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, pembangunan kawasan strategis dan kawasan perbatasan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, kualitas birokrasi dan tata kelola pemerintahan, meningkatkan akses permodalan dan usaha ekonomi dan pengembangan budaya dan agama.

“Dari total rancangan APBD Kabupaten Bengkalis sebesar Rp4.936.823.836.540,99 akan digunakan untuk prioritas-prioritas tersebut dengan fokus pada penuntasan target target RPJMD Kabupaten Bengkalis 2010-2015, prioritas pembangunan Provinsi Riau dan prioritas pembangunan nasional,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua DPRD Bengkalis H Heru Wahyudi dalam sambutannya mengatakan, MoU KUA – PPAS yang ditangani ini merupakan salah satu komitmen dari anggota DPRD Bengkalis dalam mempercepat proses pembahasan RAPBD 2015.

Semangat para anggota DPRD dalam membahas Rancangan KUA - PPAS muncul bukan karena adanya surat edaran dari Pusat. Namun, jauh sebelum itu semangat para anggota dewan dalam melaksankan tugas-tugas sebagai wakil rakyat tidak pernah luntur.

“Sebagaimana saat mereka kampanye yang penuh semangat, seperti itulah kinerja kawan-kawan di DPRD saat ini,” ujar Heru.

Dalam kesempatan itu, Heru yang juga Ketua DPD PAN Kabupaten Bengkalis ini menyarankan untuk tahun 2015 mendatang, Pemkab diminta untuk melibatkan DPRD Bengkalis pada saat proses penyusunan Rancangan KUA - PPAS.

Dengan cara seperti itu, maka ketika proses pembahasan di DPRD, tidak banyak lagi hal-hal yang perlu dibicarakan.

Sehingga lebih menghemat waktu dan proses pembahasan serta pengesahan APBD pun bisa lebih cepat. 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT