KPK Diharapkan Buka Kantor Cabang Sumatera di Riau

KPK Diharapkan Buka Kantor Cabang Sumatera di Riau

Metroterkini.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rencananya akan membuka kantor cabang di Sumatera. Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto menyebutkan, rencana tersebut akan direalisasikan pada tahun 2015, walau pun belum ada pembicaraan dengan pemerintah.

"Rencana itu belum ada pembicaraan dari presiden dan menteri. Tapi KPK berencana tahun depan akan buka cabang di Sumatera," katanya usai mengikuti acara 'Demokrasi Tanpa Korupsi' yang diselenggarakan oleh ICW di Museum Nasional, Jakarta, Minggu (14/12/14).

Tapi sayang, Bambang enggan menyebut alasan detail mengapa Sumatera dijadikan lokasi pengembangan kantor KPK. "Lebih dekat aja. Tapi ini dibuat untuk pencegahan," tegasnya.

Bambang juga membantah, rencana dibukanya kantor cabang KPK itu atas rekomendasi Menteri Dalam Negeri. Dia menegaskan, keputusan itu diambil atas inisiatif KPK sendiri.

"Ini keputusan sendiri KPK, tapi dengan mempertimbangkan berbagai aspek," ungkapnya.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, kalau rencana pembangunan cabang KPK di Sumatra sebetulnya telah memiliki payung hukum. Di mana untuk Dana sendiri berasal dari pos APBN.

"Salah satu undang-undangnya ada yang boleh mengizinkan KPK mendirikan cabang di provinsi Indonesia," ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, salah seorang masyarakat Riau di Jakarta, Suryanto mengharapkan dengan adanya rencana KPK membuka kantor cabang di Sumatera, harapanya kiranya KPK membuka kantor cabang di Riau. " Dilihat dari jumlahnya, mungkin di Riau lebih banyak korupsinya. Terbukti dua kepala daerahnya berturut-turut terjerat korupsi," katanya, Senin (15/12/14). [din-rtc]

Berita Lainnya

Index