Agung Toyota Pekanbaru Kampanyekan Spare Part Asli

Sabtu, 13 Desember 2014 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pemakaian spare part atau suku cadang kendaraan yang berkualitas mungkin selalu dianggap sebagai hal yang tidak terlalu penting bagi sebagian orang. Tak jarang para pengguna kendaraan, baik untuk kendaraan roda dua maupun empat lebih cenderung menggunakan spare part KWalitas (KW) ketimbang suku cadang yang asli. 

Kekhawatiran tersebut juga sangat dirasakan oleh Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia. Sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka di Tanah Air, Toyota tentu memiliki jumlah konsumen yang tidak sedikit. Namun dari banyaknya jumlah konsumen itu, tak sedikit pula konsumen yang memilih spare part palsu dalam pemakaiannya sehari-hari. Apalagi, selain mudah didapat, harganya juga jauh lebih murah dibandingkan spare part asli Toyota Genuine Parts (TGP). 

"Kami menyadari akan hal itu, sudah sangat banyak spare part palsu yang beredar. Untuk itu kami juga menghimbau kepada konsumen agar mewaspadai pemakaian suku cadang palsu tersebut. Jangan terkecoh dengan pembungkus luar yang terlihat seperti asli padahal isinya palsu," kata Area After Sales Customer Service Division TAM, Ernawati saat berbincang santai dengan riauterkini.com ditengah perhelatan Yaris Fantastis Gemilang 60 tahun Agung Concern di Mal SKA, Jum'at (12/12/14). 

Dijelaskan Erna, spare part yang selalu dipalsukan umumnya berbentuk saringan oli, saringan udara, saringan bensin, busi dan kampas rem. Pada saringan oli misalnya. Jika spare part asli, maka bahan pendukung dalam pemakaian piringan pasti terpasang sempurna antara elemen dalam dengan lapisan luar, sedangkan spare part palsu hanya menggunakan pegas sisi tajam dan sangat berkemungkinan dapat merusak lapisan luar sehingga menyebabkan kebocoran pada oli. 

Kemudian, untuk spare part asli, katup pemeriksa selalu memakai karet silikon. Sementara pada saringan oli ciptaan spare part KW hanya memakai NRB resistensi panas yang rendah. Selanjutnya, piringan penguat pada saringan oli TGP dibalut dengan ketebalan 2.6 mm, sedangkan barang KWnya hanya memiliki ketebalan 2.3 mm. Saringan oli asli juga memiliki elemen dengan tebal 0.9 mm, area penyaringan yang lebar serta kertas yang tahan lama. Sementara yang palsu area penyaringannya kecil dengan kertas yang tidak tahan lama. Elemen ketebalannya pun hanya berukuran 0.4 mm. 

"Kami ingin 'mengampanyekan' spare part no palsu ini kepada konsumen. Dengan begitu konsumen dapat menyadari manfaat dan kelebihan suku cadang asli TGP, yang jelas TGP asli pasti lebih awet dan yang KW pasti lebih cepat rusak. Jadi untuk mendapatkannya, silakan datang ke bengkel resmi, kalau bengkel umum kami tidak bisa jamin. Pilihlah yang berkualitas, jangan yang KWalitas," tegasnya didampingi sejumlah manajemen Agung Toyota Pekanbaru.[rtc]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT