Ini Penyebab Mandul

Jumat, 12 Desember 2014 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Seseorang yang mandul kemungkinan besar disebabkan oleh perubahan beta catenin di dalam tubuh yang biasa disebut mutasi gen. Bukan hanya itu, kasus ini juga akan berpengaruh terhadap kelainan seksual.

Mutasi gen akan menghinggapi orang dengan sendirinya. Biasanya mutasi ini terjadi karena dampak sinar ultraviolet, radiasi surya hingga loncatan energi listrik.

Para peneliti dari RIKEN BioResource Center menggunakan hewan pengerat sebagai bahan uji coba. Mereka mengubah asam amino di dalam tubuh tikus, dan mencoba dikawinkan secara alami. Namun, hasilnya tikus itu tidak bisa melakukan reproduksi dengan sendirinya sehingga harus melalui cara fertilisasi terlebih dahulu.

Hal ini menunjukkan masalah struktural yang dialami oleh telur atau sperma. Dari hasil ini diketahui pula ada satu jaringan yang mengarah kepada kelainan organ seksual, baik wanita atau pria.

“Urutan asam amino beta catenin pada manusia dan tikus identik berubah 100 persen. Dalam perubahan yang kita lihat bisa menyebabkan mutasi yang sama pada manusia," ujar Peneliti Takuya Murata seperti dikutip, Labnews

Lebih lanjut, kata Murata, ada beberapa kemungkinan bahwa infertilitas disebabkan oleh beta catenin yang umumnya tidak dianggap sebagai penyebab. Maka, berdasarkan hasil ini kita bisa memastikan hubungan antara infertilitas dan gen ternyata saling berkaitan erat.[ok]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT