Pesawat Angkut Buatan Lapan Siap Terbang 2015

Rabu, 10 Desember 2014 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Pesawat N219 yang dibuat oleh Lapan bersama dengan PT Dirgantara Indonesia (DI) yang sebelumnya masih berupa prototipe, kini telah memasuki tahap sertifikasi layak terbang. Hal itu disampaikan oleh Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin saat ditemui TechnoOkezone di BPPT Jakarta, Rabu (10/12/14).

Menurut Thomas pesawat N219 rencananya akan diuji coba pada 2015 mendatang. Kemudian pada 2016, akan mulai diproduksi massal dan pada 2019 dapat digunakan.

Menurut Thomas, pesawat N219 menjadi salah satu pioner penerbangan yang dibuat di Indonesia. N219 juga merupakan pesawat yang didesain untuk memenuhi kebutuhan industri penerbangan di Indonesia yang berkarakteristik landasan pendek. Dikatakan, pesawat ini memiliki nilai investasi hingga Rp400 miliar.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengaku senang dengan capaian yang dilakukan oleh Lapan tersebut. Menurutnya pemerintah akan bertindak sebagai mediator untuk memediasi antara Lapan, industri dan pengguna.

Seperti diketahui, pesawat yang dikerjakan oleh anak bangsa ini disebut-sebut mampu menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia yang kondisi geografisnya didominasi oleh pegunungan dan perbukitan.

Secara spesifik, keungulan N219 lainnya diantaranya pesawat multi fungsi, berkapasitas 19 penumpang, mudah dan sederhana dalam perawatan, konfigurasi dapat diubah dengan cepat, biaya operasi rendah dengan basic sertifikasinya CASR 23 dan ditenagai sepasang mesin (engine) PT6A-42 masing-masing 850 daya kuda. [okz]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT