Bupati Rohul Lantik 247 Pengurus BPD dari 47 Desa

Rabu, 10 Desember 2014 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad M.Si melantik serentak sekitar 247 Pengurus Badan Pemusyawaratan Daerah (BPD) periode 2014-2020 dari 47 desa, Selasa (9/11/14). Ratusan pengurus baru ini menggantikan pengurus BPD periode 2008-2014.

Pelantikan Ketua dan Anggota BPD serentak di Gedung Wanita Permaisuri Pasirpangaraian turut dihadiri sejumlah Kepala Satuan Kerja, Camat, Kepala Desa dan ratusan Pengurus BPD dari 47 desa.

Sesuai catatan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Rohul, Pengurus BPD yang dilantik, terdiri Kecamatan Rokan IV Koto 10 desa, Tambusai 7 desa, Rambahsamo 4 desa, Kepenuhan 2 desa, Bangunpurba 3 desa, Kabun 5 desa, Pagarantapah 4 desa, Kepenuhan Hulu 2 desa, Bonaidarussalam 2 desa, dan dari Kecamatan Pendalian IV Koto 5 desa.

Pada sambutannya, Bupati Achmad mengatakan BPD merupakan mitra Pemerintahan Desa (Pemdes), sebab itu mereka harus kompak dan sejalan dalam membangun desa.

"BPD merupakan bagian dari pemerntahan, jadi harus ikut program pemerintah. Jika BPD dan Pemerintah Desa bersebrangan, maka hal itu di luar sistem," kata Bupati pada sambutannya.

Bupati mengimbau agar BPD juga memahami yang telah menjadi kebijakan dari Pemkab Rohul, Camat dan Kades, sepanjang kebijakan untuk kemajuan desa. Menurut dirinya, ada waktu tertentu, BPD bersebrangan dengan Pemdes.

"Kita tidak mau seperti itu. Seperti terlambat membayar honorer atau kewajiban tidak dijalankan," ujar Bupati.

Bupati mengakui bahwa dirinya mendapat informasi, ada Pengurus BPD yang telah menjadi satu pemerintah. Sesudah dilantik, dia mengimbau BPD mendukung program pemerintah, tidak justru menjadi musuh dalam selimut.

"Jangan jadi penghasut dan mendengarkan hal hal tidak baik. Setelah dilantik hari ini, laksanakan tugas, sehingga jadi lembaga institusi," imbau Bupati Achmad dan meminta Pengurus BPD harus bersikap netral, tidak boleh berpihak kemanapun.

"Kalau sanggup ayo bekerja, mari majukan daerah kita. Dan jika tidak sanggup sebaiknya mundurn," tambah Bupati Rohul.

Sebagai orang yang dipilih warga, Pengurus BPD diajak ikut serta dalam memajukan pembangunan desa. Apalagi, banyak bantuan dari pemerintah turun ke Pemdes, sehingga bantuan itu harus dikawal dalam pengunaannya.

"Ini bukan ancaman, namun ini aturan. Dan itu harus dipahami," tandas dia.

Mulai 2015 akan datang, sambung Bupati Achmad, bakal banyak dana akan masuk ke desa, baik bantuan APBN dan APBD. Setidaknya, per desa akan menerima dana alokasi sekitar Rp2 miliar untuk pembangunan infrastruktur desa. "Jangan dengan adanya dana, malah saling mengintai (curiga, red)," minta dia.

Pengurus BPD dari 60 Desa Belum Dilantik 

Sementara itu, Kepala BPMPD Rohul Budhia Kasino mengatakan sebelumnya Sekdakab Rohul Ir. Damri Harun MM telah melantik Pengurus BPD dari 40 desa.

"Sampai saat ini tinggal Pengurus BPD dari 60 desa lagi yang sudah berakhir massa jabatannya yang belum dilantik," jelas Budhia.

Budhia mengakui pelantikan Pengurus BPD dilakukan serentak untuk memudahkan rentang masa jabatan serta efisiensi waktu jabatan. Alasan lainnya, Pengurus BPD di Rohul juga berkeinginan dilantik oleh Kepala Daerah.

Budhia menambahkan seusai pelantikan Pengurus BPD, BPMPD Rohul akan menggelar rapat koordinasi bagi BPD yang baru dilantik. Rakor dengan narasumber dari Balai Diklat Depdagri akan dilaksanakan 16-18 Desember akan datang. Rapat membahas tugas dan fungsi BPD. [adv-hum]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT