Wisata Bahari Akan Dijadikan Program Unggulan

Senin, 08 Desember 2014 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Dalam pencapaian target 20 juta kunjungan wisman tahun 2019, pariwisata bahari dijadikan salah satu sektor yang diunggulkan Kemenpar. Besarnya potensi pariwisata bahari Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi.

"Poin besarnya adalah kita punya potensi yang sangat besar. Poin kedua wisata bahari dijadikan program unggulan," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat pembukaan Seminar Nasional Pariwisata Bahari Indonesia di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (8/12/14).

Ia menjelaskan bahwa pariwisata bahari dijadikan salah satu program unggulan kepariwisataan nasional. Hal ini dilakukan sesuai dengan besarnya potensi wisata bahari yang dimiliki Indonesia.

Indonesia memiliki garis pantai mencapai 80.000 km serta luas laut sekitar 3,1 juta km2. Wisman pun sudah banyak yang mengetahui keindahan alam bahari Indonesia.

"Dari 100% wisman kalau ditanya alasan ke Indonesia, wisman 60% jawabnya karena culture, 30% nature, 10% karena manmade atau built. Wisata bahari masuk nature yang 30%," jelas Arief.

Pengembangan pariwisata bahari ini akan dilakukan dengan pengenalan destinasi selam dan selancar. Ada juga wisata cruise, memberikan dukungan pada kampanye pelestarian lingkungan bahari, serta peningkatan wisata budaya bahari.

Pengembangan pariwisata bahari ini diharapkan berkelanjutan. Untuk itu dibutuhkan strategi yang tepat demi tercapainya perkembangan pariwisata ke arah yang lebih baik.

Oleh karena itu, Kemenpar mengadakan Seminar Nasional Pariwisata Bahari Indonesia yang diikuti oleh Dinas Pariwisata seluruh Indonesia dan berbagai pemain pariwisata lainnya. Seminar ini diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 8-9 Desember 2014. [dtf]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT