6 Hal Wujudkan Hidup Lebih Bahagia

Selasa, 02 Desember 2014 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Setiap orang ingin hidup dengan bahagia. Namun tidak mudah mewujudkan hal tersebut. Kadang kita terbelenggu oleh emosi-emosi negatif yang membuat hidup tidak bahagia. Jalankan gaya hidup berikut ini, agar Anda dapat mencapai kebahagiaan sejati. 

1. Temukan rencana hidup Anda

Dikutip dari laman Mobile News, setiap orang sebenarnya punya minat dan gairah hidup yang berbeda. Orang yang hidup mengerjakan hal yang disukai akan lebih behagia dibandingkan mereka yang terpaksa melakukan hal yang tidak disukai. Dalam kehidupan orang dewasa, hal ini terkait dengan memilih pekerjaan. 

Bila seseorang mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan minat serta merupakan renjana dalam hidupnya, maka ia akan lebih menikmati serta tidak merasa seperti sedang bekerja. Hal ini membuat seseorang lebih bahagia. Bagaimana tidak? Orang seperti ini hidup mengerjakan apa yang dicintainya dan dibayar untuk melakukannya.

2. Cintai diri sendiri

Manusia terkadang memperlakukan dirinya sendiri terlalu keras. Semakin keras Anda memperlakukan diri Anda, maka Anda akan semakin tidak bahagia. Memang, dalam mencapai target hidup, diperlukan ambisi dan kerja keras.

Namun ada kalanya Anda harus meluangkan waktu yang berkualitas untuk diri Anda sendiri. Ada kalanya Anda harus memanjakan diri sendiri. Orang yang bahagia adalah orang yang melakukan hal yang nyaman bagi dirinya sendiri.

3. Terimalah hari ini dengan lapang dada

Setiap orang pasti ada penyesalan. Namun sayangnya, waktu tidak bisa diputar kembali. Bila Anda terus melihat ke belakang dan menyesalinya, maka ketidakbahagiaan akan selalu menghantui. Anda harus menerima masa kini dengan lapang dada. Apa yang bisa dilakukan adalah belajar dari kejadian yang telah berlalu. Jadikan pengalaman sebagai guru terbaik.

4. Tuliskan masalah Anda

Setiap seminggu sekali, tuliskan masalah Anda di sebuah kertas. Dengan begitu, akan muncul perasaan seperti mengeluarkan masalah itu dari kepala Anda. Bukan hanya menuliskannya, cobalah untuk menyelesaikan masalah itu satu per satu. Jangan terburu-buru. Fokuskan pada masalah yang paling mudah dan paling perlu diselesaikan secepat mungkin.

5. Belajar meditasi

Manfaat meditasi sangatlah besar. Salah satunya adalah menenangkan pikiran Anda. Meditasi juga membuat Anda sadar akan masa kini dan tidak terpaku pada masa lalu atau masa depan. Cobalah luangkan waktu beberapa menit sehari untuk mempraktikkan meditasi. Jangan terlalu dipaksakan, lakukan sesuai kemampuan Anda.

6. Belajar katakan "tidak"

Orang yang sulit mengatakan "tidak" biasanya adalah orang yang tidak bahagia. Bila Anda memang tidak bisa melakukan sesuatu bagi orang yang memintanya, meski berat, cobalah katakan pada diri. Jangan memaksakan diri hanya karena tidak enak hati.[cnn]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT