Hang Kafrawi Terima Penghargaan Budayawan Anugerah Sagang

Sabtu, 29 November 2014 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Seniman Riau, Hang Kafrawi menerima penghargaan sebagai Budayawan Anugerah Sagang 2014 melalui karya-karyanya dalam bentuk buku dan seni pertunjukan yang diberikan Jumat (28/11) malam.

"Terima kasih terutama sekali kepada Taufik Ikram Jamil yang mengangkut saya dari Belitung, dibiayai kuliah di Fakultas Sastra Universitas Lancang Kuning hingga mencuri ilmu menulis dari beliau," katanya usai menerima penghargaan itu di Hotel Pangeran Pekanbaru, Jumat malam.

Penghargaan itu diberikan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Sebagai Budayawan pilihan Sagang dia mendapatkan tropi berlapis emas 24 karat dan uang tunai Rp25 juta.

Hang Kafrawi juga mengucapkan terimakasih kepada istri dan anaknya serta Komunitas Batu Api. Kelompok itu diketuai Yosrizal Zein yang menurutnya selalu memberikan semangat.

"Terima kasih tentunya kepada Teater Mahtan," sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut Hang Kafrawi juga menyampaikan orasi budaya berjudul "Kesenian dan Kehendak Zaman". Dia menyebut dapat apa dari kesenian, kesenian di negeri ini tidak dapat menghidupi keluarga.

"Tak bisa hidup dari tepuk tangan. Kalimat yang membuat sakit hati seniman, tapi itu cambuk bagi kami karena kami berkesenian dari hati nurani," ujarnya.

Sementara itu untuk kategori lain di antaranya Buku Pilihan Sagang 2014 diberikan kepada kumpulan puisi "Timang-timang Nak Ditimang Sayang" karya Jefri al Malay. Karya Non-Buku diraih Video Musik "Jejak Suara Suvarnadvipa" karya Tito Aldila. Kategori institusi/ lembaga seni budaya diberikan kepada Sanggar Teater Keletah Budak Pekanbaru.

Selanjutnya Anugerah Serantau Pilihan Sagang 2014 diberikan kepada Prof Zainal Borhan, budayawan Malaysia. Kemudian Karya Jurnalistik Budaya terbaik diberikan kepada "Raja Ali Haji: Peletak Dasar Tata Bahasa Melayu" karya Fenny Ambaratih. Terakhir Karya Penelitian Budaya Pilihan Sagang 2014 diberikan kepada "Tiga Lorong, Teguh Berdiri di Tengah Persimpangan Riuh Ramai" karya Junaidi Syam dan kawan-kawan.

Anugerah Sagang kali ini merupakan tahun ke-19 sejak 1996 yang diberikan oleh Yayasan Sagang. Pendirinya adalah Roda K Ciamis yang saat ini sebagai ketua dewan pembina. Saat ini Yayasan itu diketuai Kazzaini Ks. [anr]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT