Kasus HIV/AIDS di Pekanbaru Sebanyak 614 Kasus

Jumat, 28 November 2014 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, secara resmi membuka acara Workshop HIV dan AIDS di taja Dinas Kesehatan Pekanbaru dalam rangka peringatan Hari AIDS sedunia Jum'at (28/11) pagi, Lantai I ballroom lancang kuning Hotel Furaya Pekanbaru.

Workshop HIV dan AIDS  mengangkat tema tentang cegah dan lindungi diri, keluarga, masyarakat dari bahaya HIV dan AIDS dalam rangka perlindungan HAM, yang di ikuti oleh perwakilan LSM, perwakilan Komunitas Warga Kota, serta 10 orang perwakilan mahasiswa/i perguruan tinggi Kota Pekanbaru.

Turut hadir Pejabat Eselon Dinas terkait, Nara Sumber Ketua KPA ( Komisi Penaggulangan AIDS), Ayat Cahyadi, Kakanwil Hukum dan Ham,FRANS RICARD serta  dari RSUD Arifin Ahmad, EDI KOSWARA. Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melalui Kabid Penaggulangan Kesehatan, GUSTIARNI,SKM Workshhop ini akan berlangsung selama satu hari.

Menurut Ayat Cahyadi, persoalan HIV dan AIDS adalah persoalan global, secara komperhensif, pemerintah maupun swasta dan kelompok masyarakat yang peduli HIV dan AIDS secara komulatif di Kota Pekanbaru kasus HIV dan AIDS sebanyak 614 kasus, oleh karena itu di perlukan upaya dan strategi untuk penaggulangan dan pencegahan hal tersebut.

Dalam hal ini, Wakil Walikota Pekanbaru menyambut baik acara ini dalam pidatonya mengatakan, bahwa HIV dan AIDS adalah persoalan kita bersama dan harus di upayakan dari semua unsur baik pemerintah dan swasta dan unsur-unsur lain peduli AIDS. Hal ini di lakukan untuk memberikan pandangan sekaligus pemahaman terutama kepada generasi muda penerus bangsa tentang bahayanya HIV dan AIDS serta solusi apa yang kita lakukan untuk penaggulan dan pencegahan terhadap HIV dan AIDS mulai dari dini. 

Dikatakan Ayat Cahyadi, Pemeritah Kota Pekanbaru sudah merespon bahkan telah mengeluarkan berbagai kebijakan tentang hal ini, berdasarkan PERPRES RI NO 75 tahun 2006 tentang KomisiPenanggulangan AIDS Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 20 tahun 2007  tentang pedoman umum pembentukan KPA dan pemberdayaan masyarakat di daerah. 

Ditambahkanya, guna menguatkan hal tersebut Menteri Dalam Negeri mengeluarkan Intruksi  NO : 444.24 / 2259 / SC tentang penguatan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat dalam penggulangan AIDS di daerah, dan berdasarkan intruksi tersebut Pemerintah Kota Pekanbaru telah megeluarkan surat edaran untuk Camat dan Lurah untuk menyampaikan sosialisasi dalam penanggulangan dan pencegahan HIV dan AIDS serta menyebar luaskan informasi tentang bahayanya HIV dan AIDS tersebut kepada masyarakat luas. [din-hms]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT