Mabes Polri Minta Maaf Ulah Polisi Masuk Musala Pakai Sepatu

Jumat, 28 November 2014 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kegiatan unjuk rasa kenaikan BBM yang dilakukan mahasiswa di Riau berakhir ricuh. Polisi yang berjaga memukul mundur mereka sampai mengejar ke sebuah musala.

Dalam jepretan sebuah foto yang beredar, polisi yang masih mengenakan sepatu seenaknya masuk ke kawasan suci. Publik langsung mengecam.

Mabes Polri langsung menyatakan permohonan maafnya kepada kaum muslim atas insiden hari Selasa lalu, mulai dari pemukulan terhadap mahasiswa hingga pengejaran ke musala.

"Menyikapi situasi yang terjadi Selasa 25 November 2014 di Kompleks RRI Pekanbaru, seluruh keluarga besar Polri mohon maaf pada saudara-saudara saya penganut Agama Islam," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Agus Rianto di Gedung Humas Mabes Polri, Jumat (28/11).

"Dalam hal ini terkait adanya beberapa temen saya di wilayah Pekanbaru yang masuk musala untuk melakukan tindakan tegas pada mereka (mahasiswa) masih menggunakan pakaian lengkap," lanjutnya.

Agus menegaskan, tidak ada maksud pihaknya untuk merendahkan muslim. Agus pun mengakui tindakan sejumlah anggotanya itu salah.

"Bukan maksud kami tidak menghormati atau tidak menghargai ketentuan dan kewajiban bagi kita semua, umat muslim harus lepas sepatu dan sandal," ucap Agus.

Agus berkilah tindakan itu dilakukan semata-mata guna mengantisipasi aksi demontrasi yang berujung anarkis. Namun saat itu situasi sedemikian rupa dan mahasiswa tidak mau keluar dari musala.

"Situasi saat itu sedemikian rupa jadi mereka melakukan tindakan tegas, tidak mau keluar dari musala di Komplek RRI Pekanbaru," pungkasnya.[Mdk]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT