China Tawarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia

China Tawarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia

Metroterkini.com - Pemerintah China melalui Hainan Normal University (HNU) menawarkan paket beasiswa bagi mahasiswa Unsulbar. Menariknya paket beasiswa itu untuk multi disiplin ilmu sehingga membuka banyak kesempatan bagi mahasiswa.

“Saat ini sudah tersedia beasiswa dari pemerintah China yang kali ini ditawarkan ke Unsulbar, kami tunggu respons dari Unsulbar,” ujar Deputy Director HNU, Fan Qiang dalam seminar Internasional Pendidikan di ruang pola kantor bupati Majene.

Dikatakan Fan Qiang, pihaknya memberi kepercayaan kepada Unsulbar untuk bermitra dalam penyaluran beasiswa karena melihat potensi Unsulbar ke depan yang sangat cerah.

Fan Qiang yang kini menjadi tenaga pengajar di Pusat Bahasa Mandarin Unhas, mengatakan, jumlah paket beasiswa yang ditawarkan ke Unsulbar tidak dibatasi jumlahnya. Selain paket beasiswa, juga terbuka peluang untuk pertukaran mahasiswa.

“Ini akan dibuat nota kesepahaman untuk lebih memperjelas kerja sama yang akan dibangun,” tutur Fan Qiang dalam bahasa Inggris, diterjemahkan dosen Unsulbar, Muhammad Umar.

Sementara Rektor Unsulbar Akhsan Djalaluddin, mengaku sangat mengapresiasi perhatian yang diberikan Pemerintah China kepada Unsulbar. Sebagai perguruan tinggi yang masih seumur jagung ini, Unsulbar merasa sangat berbangga dan sekaligus menyamaikan terimakasih atas perhatiannya.

“Kami akan segera merespons kerja sama ini sehingga bisa langsung dilaksanakan,” kata Akshan.

Rektor menyatakan, rencana kemitraaan dengan perguruan tinggi China tersebut, Unsulbar tengah menjajaki untuk membuka jurusan baru yakni Pendidikan dan atau Sastra bahasa Mandarin.

Menurut Akshan, selain Bahasa Inggris, saat ini bahasa Mandarin adalah bahasan internasional yang sangat penting diketahui dan dikuasai para mahasiswa. Sehingga, kedepan Unsulbar akan membuka jurusan bahasa Mandarin tersebut. [ful]

Berita Lainnya

Index