Roti Tawar, Tidak Baik Untuk Penderita Maag

Kamis, 27 November 2014 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Karena bermasalah dengan sistem pencernaan, makanan untuk penderita maag harus sangat diperhatikan. Beberapa makanan sebaiknya dihindari agar tak memicu kekambuhan, salah satunya adalah roti tawar. Mengapa begitu?

“Kalau lagi kambuh hindari makanan yang mengandung ragi, seperti mi, bihun, kwetiau, roti tawar,” tutur Ari Fahrial Syam, dokter konsultan penyakit lambung, saat berbincang dengan CNN Indonesia, Kamis (27/11/14).

Dijelaskan Ari, ragi dapat memicu produksi gas berlebih di dalam lambung. Jika dikonsumsi oleh orang yang mengalami pembengkakan lambung, gas berlebih tersebut akan memicu kambuhnya maag. Pada orang yang sehat pun, konsumsi makanan beragi yang terlalu sering bisa memicu gejala maag, seperti perut kembung.

“Sebaiknya dihindari. Kalau untuk sarapan, penderita maag lebih baik makan bubur,” katanya menambahkan.

Selain makanan yang mengandung ragi, Ari juga memberi saran beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita maag, antara lain sayur kol dan sawi yang dapat memicu gas, serta makanan berlemak seperti cokelat dan susu full cream. Makanan pedas, asam dan bersoda juga harus dihindari.

“Makanan berlemak lebih susah dicerna. Ini bisa memicu maag. Kalau untuk susu UHT tidak apa-apa,” ujar Ari.[dtk]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT