Wabup Buka Sosialisasi Pemanfaatan Tata Ruang

Rabu, 26 November 2014 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno membuka sosialisasi prosedur penataan ruang Kabupaten Bengkalis, Rabu (26/11). DR. Ismail Widadi, ST, M.Sc yang dihadirkan dari Direktorat Jenderal Panataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Suayatno mengatakan, sosialisasi kebijakan norma standar prosedur manual/norma standar prosedur kriteria pemanfaatan ruang ini besar manfaatnya bagi kemajuan daerah.

Pembukaan yang dihadiri beberapa Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Sekretaris Disdukcapil, itu diikuti 163 orang peserta dari kecamatan, kelurahan dan kepala desa se-Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama satu hari di Hotel Marina Bengkalis.

Wabup berharap, melalui kegiatan sosialisasi ini mampu membangun komunikasi yang baik antara pemerintah dengan segenap stakehorder dan masyarakat untuk mejalankan kebijakan, sehingga penataan ruang yang efektif dan berkelanjutan dapat terwujud.

"Saya meminta kepada instansi terkait agar lebih disiplin dalam menegakkan dan menjalankan peraturan yang berlaku agar penyelenggaran penataan ruang  dapat berjalan dengan baik," kata Suayatno.

Pemerintah dituntut untuk mengatur dan menata ruang yang serba terbatas menjadi lebih tertib, teratur dan dinamis, sehingga pembangunan yang berkelanjutan dapat terwujud sesuai dengan amanat UU No. 26/2007 tentang penataan ruang.

Kepada para peserta Suayatno berharap agar materi yang disampaikan narasumber dapat diinformasikan secara luas terutama pada seluruh stakeholder terkait dengan pelaksanaan penataan ruang demi kesinambungan ruang yang serasi.

Penataan ruang merupakan dasar dalam penyelenggaraan pembangunan karena terkait dengan pemanfaatan ruang wilayah.

"Penataan harus dirumuskan dengan baik mulai tingkat Nasional, Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota,” ungkap Wabub

Tujuan dari apresiasi dan sosialisasi NSPM/ NSPK bidang penataan ruang di Kabupaten Bengkalis ini dimaksudkan sebagai arahan dalam melakukan rumusan penyusunan rencana tata ruang yang optimal, serasi, dan selaras serta harmonis dengan lingkungannya.

Disamping itu, apresiasi dan sosialisasi NSPM/NSPK bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sinergis dalam merumuskan kegiatan rencana tata ruang dan sistem pengendalian pemanfaatan ruang bagi setiap stakeholder yang terkait.

Di akhir sambutan Wakil Bupati Bengkalis H, Suayatno berharap, melalui kegiatan sosialisasi ini para peserta memahami segala ketentuan maupun pedoman yang disampaikan oleh narasumber.

"Diharapkan saudara dapat lebih intens mendiskusikan berbagai persoalan yang dihadapi serta upaya-upaya nyata yang dapat diambil sebagai solusi terhadap permasalahan penataan ruang," ujarnya. [rdi]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT