Rohul Kirim 42 Kafilah di MTQ Riau ke-33 di Inhil

Selasa, 25 November 2014 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan mengirim sekitar 42 kafilah pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Riau ke-33 di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang dijadwalkan dibuka pada 13 Desember 2014 akan datang.

Selain 42 kafilah, Kabupaten Rohul juga siapkan 10 pelatih ditambah 23 official, serta 4 tim medis yang bertugas memantau kesehatan kafilah, baik dokter dan para medis.

Hal itu dikatakan Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si dalam Rapat Kesiapan menghadapi MTQ Riau ke-33 di Kabupaten Inhil. Rapat dilaksanakan di aula Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasirpangaraian, Rabu (26/11/14).

Rapat turut dihadiri Kakan Kementerian Agama (Kemenag) Rohul Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan MA juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Rohul, serta beberapa Kepala Satuan Kerja terkait juga sekaligus mengecek kesiapan kafilah Rohul dalam menghadapai MTQ Riau tahun ini.

Bupati Achmad mengharapkan seluruh panitia dan instansi terkait ikut berpartisipasi, seperti Dinas Tata Ruang Cipta Karya, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Kantor Kemenag Rohul, Bagian Kesra, LPTQ dan lain instansi terkait lain.

Bupati Achmad mengatakan pada MTQ Riau ke-32 tahun 2013 lalu, Kabupaten Rohul meraih juara umum. Dia mengharapkan pada MTQ Riau tahun ini di Inhil, minimal bisa berada di posisi tiga besar.

Selain itu, Kabupaten Rohul juga dipercaya tampil di urutan pertama pada Pawai Taa'ruf MTQ Riau ke-33 nanti. Untuk itu, Pemkab Rohul akan mengerah peserta pawai sekitar 2.000 orang.

"Untuk memenuhi dua hal itu, tentu diperlukan kerja keras, kerjasama, dan sinergitas seluruh SKPD dan stake holder," ujar Bupati.

Ikuti Seluruh Cabang MTQ 

Sementara itu, Kepala Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan juga Ketua LPTQ Rohul mengatakan bahwa kafilah Rohul akan mengikuti semua cabang di MTQ Riau ke-33 di Inhil.

Adapun 12 cabang MTQ yang dipertandingkan yakni Tilawah Alquran dengan 12 sub cabang, Tafsir Alquran dengan 6 sub cabang, Tahfizh Alquran dengan 10 sub cabang, Khattil Quran dengan 6 sub cabang, Fahmil Quran dengan 1 sub cabang, Syarhil Quran dengan 1 sub cabang, dan M2IQ dengan 2 sub cabang.

Dalam memenuhi target juara tiga besar, LPTQ Rohul menyiapkan 42 qari dan qariah, mufassir dan mufassirah, hafizh dan hafizhah, Khaththath dan khaththathah.

Untuk mencapai target yang telah ditetapkan, LPTQ Rohul juga telah melaksanakan beberapa kali Training Centre (TC) di salah satu hotel di Kota Pasirpangaraian. Termasuk TC di Kota Pekanbaru, menghadirkan pelatih MTQ Tingkat Provinsi Riau dan tingkat nasional.

Supardi mengharapkan, seluruh Pengurus LPTQ Rohul dan komponen terkait, meningkatkan kerjasama dalam menghadapi MTQ Riau ke-33 di Tembilahan. "Kita perlu prestasi dan juga prestise, sehingga kafilah Rohul dapat mengukir sejarah gemilang di arena MTQ ini," jelas mantan Kasubbag Humas Kakanwil Riau. [adv-hum]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT