Banjir di Riau: Wako Pekanbaru Minta Satker Terkait Siaga

Selasa, 25 November 2014 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Musim hujan dan naiknya volume air di Sungai Siak sudah mulai merendam beberapa kelurahan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak. Sebelumnya, Kelurahan Sri Meranti tepatnya di Perumahan Witayu yang menjadi langganan banjir terendam, saat ini puluhan rumah di Keluarahan Meranti Pandak turut terendam banjir. 

Dari pantauan, air yang mengenang puluhan rumah tersebut sudah mencapai ketinggian 80 centimeter. Akibat kondisi tersebut, beberapa warga sudah mulai meninggalkan rumah mereka dan mengungsi ke rumah kerabat yang tidak terendam banjir. Hanya beberapa warga yang memiliki rumah lebih tinggi masih bertahan meski air sudah masuk ke dalam rumah mereka.

''Masih ada beberapa warga yang bertahan sementara yang lain sudah ada yang mengungsi sementara ke rumah kerabat mereka di Rumbai atau di tempat lain. Tetapi sesekali ada juga yang kembali ke rumah karena takut rumah mereka ditinggalkan,'' terang Lurah Meranti Pandak, Muhaimmin Selasa (25/11).

Setelah mengetahui kondisi tersebut, sebelumnya Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi sudah mengujungi masyarakat di kelurahan sri meranti tersebut. Sementara warga di Meranti Pandak dijadwalkan akan segera dikunjungi Walikota Pekanbaru, H Firdaus ST MT. Meski mengetahui banjir ini adalah banjir tahunan, namun karena terjadi di wilayah Pekanbaru, Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT meminta seluruh satker yang terkait untuk selalu siaga. Baik kesehatan, pangan maupun langkah antisipasi banjir yang lebih dalam. Wako juga meminta lurah setempat mewaspadai dan selalu melaporkan kondisi terkini kondisi banjir dan warga yang terendam banjir.

''Ini adalah banjir tahunan, tapi tetap mereka adalah warga Pekanbaru dan warga kita. Saya sudah minta seluruh satker terkait untuk siaga karena musim banjir sudah mulai melanda saat ini. Puskesmas selalu siaga, inventaris apa yang warga perlukan dan bagaimana mengatasinya akan datang. Ini harus dilakukan. Kita juga berharap masyarakat yang kerap kena dampak banjir tersebut bisa segera pindah dari lokasi yang memang berada di dataran paling rendah ini,'' ujar Walikota. [hms]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT