Gempa Susulan 5,3 SR Kembali Mengguncang Halmahera

Sabtu, 15 November 2014 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Gempa susulan dengan kekuatan 5,3 Skala Richter (SR) kembali terjadi di Halmahera Barat, Maluku Utara, Sabtu sore (15/11/14). Namun, gempa ini tidak menyebabkan tsunami.

Dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa susulan terjadi pada pukul 16:47:58 WIB. Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa 1.90 LU - 126.47 BT di 133 km Barat Laut Halmahera Barat, Maluku Utara.

Sebelumnya, BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami akibat gempa berkekuatan 7,3 SR di wilayah Halmahera dan sekitarnya yang terjadi pada pagi hari. Meski sempat menimbulkan kepanikan, peringatan tsunami akhirnya dicabut BMKG sekitar sekitar pukul 12.45 WIB. 

Gempa yang terjadi di Maluku Utara juga dirasakan masyarakat di Manado. Ratusan pasien yang berada di Rumah Sakit Siloam berhamburan keluar ruang perawatan karena merasakan guncangan gempa.

Mereka keluar rumah sakit sambil membawa botol infus. Kepanikan terjadi, pasien anak-anak dan bayi juga dievakuasi saat gempa selama 15 detik itu mengguncang. Meski gempa telah usai, sejumlah pasien yang menjalani perawatan di lantai lima merasa trauma dan takut akan terjadi gempa susulan. [ita]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT