Gunakan Internet untuk Kegiatan Positif

Selasa, 11 November 2014 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com -Perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh sekali, terutama kepada generasi muda. Apa saja bisa dicari dari internet, mulai dari mencari tugas sekolah, cara membuat kue hingga membuat bom. Agar tidak berdampak negatif, makanya diperlukan internet yang sehat, aman, cerdas dan kreatif.

Penegasakan itu disampaikan Sekretaris Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bengkalis, Radius Akima ketika membuka edukasi internet sehat, aman, cerdas,  kreatif, produktif dan bahaya narkoba menuju masyarakat bermartabat yang digelar oleh Dinas Komunikasi Informasi dan PDE Provinsi Riau di Hotel Marina, Bengkalis, Selasa (11/11).

Atas nama Pemkab Bengkalis, Radius memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kominfo dan PDE Riau yang menggelar kegiatan edukasi ini. Ia menilai apa yang telah dilakukan Kominfo Riau ini akan memberikan manfaat kepada generasi muda guna membatasi diri dari pengaruh internet negatif.

“Semua bisa dipublikasikan melalui internet, baik yang negatif maupun yang positif. Untuk itu internet perlu digunakan secara sehat agar bisa bermaanfaat, bukan malah sebaliknya menghancurkan generasi muda,” ujar Radius.

Ditambahkan Radius, berdasarkan data Indonesia merupakan negara nomor 8 dunia pengakses internet. Tapi apakah digunakan untuk hal-hal positif atau hal yang negatif, tidak disebutkan dalam data tersebut.

Tak kalah merisaukan juga saat ini, kata Radius, adalah bahaya narkoba terhadap generasi muda. Sekali terjerat, susah sekali untuk lepas. Untuk itu yang bisa mencegahnya adalah diri sendiri, atau orang lain.

“Bengkalis merupakan salah satu pintu masuk peredaran narkoba karena berbatasan dengan negara tetangga. Ini tentunya perlu menjadi perhatian bersama agar bahaya narkoba ini bisa dicegah karena bisa merusak generasi muda,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala UPTD Diskominfo dan PDE Riau, Mastar Mahad, mengatakan bahwa kegiatan edukasi ini diikuti 200 siswa SMA/sederajat. 

Bengkalis merupakan kabupaten kedua tahun ini digelar kegiatan serupa, dimana sebelumnya digelar di Kabupaten Inderagiri Hilir.

“Tahun lalu ada 6 kabupaten kota yang kita gelar kegiatan edukasi ini. Untuk tahun ini ada 6 kabupaten kota lagi, yakni Inhil, Bengkalis, Meranti, Inhu, Rohil dan Pekanbaru,” ujar Mastar.

Ditambahkan, melalui kegiatan ini bisa meningkatkan wawasan kepada siswa tentang internet sehat, aman, cerdas,  kreatif, produktif dan bahaya narkoba menuju masyarakat bermartabat.  

Kemudian memberi pemahaman tetang dampak posisitf dan negatif penggunaan internet dan fungsi internet untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. [rdi] 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT