Pesan Google: Optimalkan Kinerja untuk Perangkat Mobile

Pesan Google: Optimalkan Kinerja untuk Perangkat Mobile

Metroterkini.com : Dalam fiturnya, Google mampu menunjukkan pada Anda apa yang salah dengan situs Anda hingga membuat situs Anda sulit bekerja dengan baik di perangkat mobile. Hal-hal seperti persoalan dalam mengatur ukuran viewport, ukuran huruf, seberapa mudah pengguna mengklik link Anda dan lainnya – semua hal itu akan ditindak lanjuti dan Google akan memberitahu Anda ketika ada sesuatu yang belum optimal.

Fitur terbaru ini menurut pengumuman terakhir Google, Google akan aktif melihat bagaimana pengguna merasakan pengalamannya terhadap situs milik Anda di perangkat mobile, dan Google akan menggunakannya sebagai salah satu satu indikator yang memberikan peringkat atas situs Anda. Laporan baru-baru ini di GWMT (Google Webmaster Tool), menunjukkan secara cermat, elemen mana saja di situs Google Anda yang akan digunakan sebagai faktor peringkat di mobile UX, sehingga bisa menghilangkan segala penafsiran ganda tentang persisnya aspek apa yang Google gunakan untuk menilai situs Anda yang aktif.

Selain itu, Google sedang bereksperimen dengan menampilkan ikon-ikon pada mobile SERPs (Search Engine Result Page) itu sendiri, yang mampu mengindikasikan optimal atau tidaknya pengaksesan mobile untuk peringkat sebuah situs.

Kesibukan aktivitas Google akhir-akhir ini di bidang perangkat mobile adalah memperhatikan kekuatan sinyal di mobile. Kelemahan sinyal yang menjadi keluhan sehari-harinya, bukanlah sesuatu yang harus diabaikan atau disikapi sebelah mata. Sebab, pertumbuhan penggunaan internet pada mobile menampakkan hasil yang spektakuler, dan statistik yang relevan menunjukkan bahwa:

Tidak ada satu minggu pun yang luput dari pemberitaan mengenai pertumbuhaan penggunaan mobile, mengingat semakin pentingnya menyesuaikan strategi bisnis Anda dengan tren ini. Namun, masih ditemukan banyak situs yang tidak menyesuaikan diri dengan tampilan mobile, atau masih menggunakan pendekatan lama dalam optimalisasi perangkat mobile (seperti memisahkan situs mobile dengan tampilan desktop).

Tampaknya Google sudah cukup lelah melihat banyak pelaku bisnis yang lamban mengadopsi fitur ini ke dalam lanskap mobile, dan pada akhirnya, sekarang ini Google aktif untuk memaksa mereka. Optimalkan fitur untuk perangkat mobile atau Anda akan tertinggal.

Google fokus untuk mengklaim dominasinya di perangkat mobile sebagai yang terbaik. Dan cara jitu untuk melakukannya adalah dengan memastikan Google sebagai penyedia terbaik dalam layanan mobile. Iklan pencarian Google dianggap sebagai salah satu aspek strategi jangka panjang yang vital, maka itu, Google berusaha menawarkan pengalaman pencarian di mobile yang terbaik bagi penggunanya, guna untuk mengalahkan pesaing mereka. Saat ini, Apple sedang menjauhi Google dengan mengadopsi Bing sebagai pencarian resmi mereka di iOS dan Mac OS X, untuk itu, Google ingin merebut kembali para pengguna Apple dengan menyediakan mesin pencarian yang lebih baik.

Pesan untuk para webmaster sudah begitu jelas: adopsi atau mati. Anda lebih baik mengembangkan fitur untuk perangkat mobile dengan sepenuh hati dan bekerja keras demi optimalisasi pengalaman berinternet mobile, atau Google akan meninggalkan Anda di belakang. [**]

Berita Lainnya

Index