PT Sara Rasa Biomas Terancam Sanksi Pidana

Rabu, 05 November 2014 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Dugaan pembuangan limbah PT Sara Rasa Biomas di Kabupaten Meranti, Riau, yang merupakan perusahaan pengolahan  kulit sagu/repu untuk dijadikan bahan baku sumber energi telah berpengaruh terhadap pendapatan nelayan setempat karena sejak perusahaan beroperasi nelayan sudah sulit mendapatkan ikan. Perusahaan asing ini ternyata tidak mengantongi izin Amdal dari Pemkab Kepulauan Meranti.

Kepala Kantor Badan Lingkungan Hidup Meranti, Irmansyah menyampaikan, hasil pemeriksaan administrasi dokumen perusahaan khususunya tentang izin kelengkapan Amdal, ternyata perusahaan tersebut belum mengantongi dokumen Amdal khususnya tentang pengelolaan limbah.

Atas temuan tim Badan Lingkungan Hidup, kepada perusahaan tersebut selambat-lambatnya satu bulan sejak temuan tim, perusahaan diminta untuk memenuhi seluruh dokumen perizinan Amdal pengelolaan limbah. "Lebih dari itu masalah dampak kerugian yang dialami para nelayan perlu dibicarakan secara detil oleh pihak terkait (perusahaan dan nelayan)," kata Irmansyah.

Tambahnya, jika perusahaan tidak mengindahkan sanksi awal yang disampaikan Pemkab Meranti, perusahaan akan dikenakan sanki sesuai aturan yang berlalu. "Langkah tegas akan kita lakukan dengan mencabut izin operasional perusahaan itu. Bahkan sanksi hukum berupa tuntutan secara Pidana maupun Perdata juga bisa kita lakukan," katanya. [def]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT