Posisi Duduk Pengaruhi Stres Saat Bekerja

Selasa, 04 November 2014 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kebiasaan duduk di depan meja kantor ternyata mempengaruhi suasana hati terutama stress dalam keseharian seorang pekerja. Duduk dalam posisi tegak merupakan salah satu cara sederhana untuk meredam stres di kantor.

Itu merupakan salah satu temuan dari sebuah studi terbaru yang dilakukan tim peneliti di Selandia Baru terhadap peruabahan postur duduk seseorang di kantor. Mereka yang terbiasa duduk dalam posisi bungkuk cenderung kurang percaya diri, berbeda dengan mereka yang terbiasa duduk dalam posisi tegak dengan tulang belakang tegak dan tatapan lurus ke depan.

Mereka yang duduk dalam posisi ini relatif lebih tenang dan percaya diri bukan hanya saat berada di belakang meja, tetapi juga saat menyampaikan presentasi dan wawancara kerja. Penelitian ini melibatkan satu kelompok pekerja yang duduk tegak dengan pungunggung dan bahu tegak serta kepala lurus ke depan.

Sisanya peserta dibiarkan duduk dalam posisi kepala tertunfuk, punggung bungkuk dan badan merosot santai di kursi. Selanjutnya, semua peserta diminta membayangkan mereka tengah dalam proses wawancara untuk pekerjaan impian dan hanya dalam waktu lima menit mereka diminta menampilkan sisi terbaik sebagai kandidat yang akan dipilih.

Para peneliti kemudian merekam presentasi dan mengevaluasi pola bicara dan pemilihan kata mereka. Suasana hati, harga diri dan perasaan terancam selama proses wawancara juga tidak luput dari perhatian tim peneliti.

Hasilnya, peneliti mendapati mereka yang duduk tegak jauh sedikit menderita stress dibandingkan mereka yang duduk membungkuk. Mereka juga diketahui lebih percaya diri, sedikit rasa takut, dan suasana hati yang lebih baik selama dan setelah presentasi.

Mereka memang berbicara lebih lambat, namun penggunaan bahasa yang digunakan lebih positif dan cenderung lebih percaya diri.

"Kami rasa tubuh dapat memberikan respon fisiologis yang lebih baik terhadap stress yang direpresentasikan melalui posisi duduk tegak dibandingkan mereka yang duduk dalam posisi bungkuk. Saat anda bungkuk, struktur tubuh akan tertekuk dan sistem bicara serta berpikir terasa lebih tegang," tulis Elizabeth Broadbent seperti diwartakan Men's Health, Selasa (4/11/14). [vml]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT