Membuat Martabak Gurih Ala India dengan Saus Kari

Ahad, 02 November 2014 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Martabak merupakan sajian gurih yang berasal dari India. Adonan kulit yang tipis renyah dengan isian telur, bumbu rempah, daging dan daun bawang membuat rasanya gurih. Dicocol dengan kuah kari, rasanya semakin gurih berbumbu enak.

Mumpung sedang libur, Anda dapat mencoba membuat martabak India yang spesial. Cukup ikuti langkah ini.

1.Buat kulit
Untuk bahan kulit, siapkan 100 gr tepung terigu protein tinggi, 75 ml air matang, 1 sdm minyak samin, 1/2 sdt garam dan 250 ml minyak untuk menggoreng. Untuk membuatnya, campurkan semua bahan. Aduk hingga kalis tidak lengket di tangan. Bagi adonan menjadi 3 bagian dan rendam dalam minyak selama 1 jam.

2.Siapkan bumbu halus
Sebelum membuat martabak, sebaiknya siapkan terlebih dahulu bumbu halusnya untuk bumbu isian. Siapkan 3 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 cm jahe, 1 cm kunyit dan 1 sdt garam. Haluskan semua bumbu dan sisihkan.

3.Tumis isian
Untuk isi, siapkan 1,5 sdm minyak untuk menumis, 3 butir bawang merah yang sudah diiris tipis, 100 gr daging sapi cincang, 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt garam, 1 sdm bubuk kari siap pakai, 3 butir telur ayam, 40 gr bawang bombay cincang, 2 batang daun bawang yang sudah diiris tipis, 1 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk.

Panaskan minyak, tumis bumbu halus no. 2 hingga harum. Masukkan daging sapi giling, garam, merica dan bubuk kari. Masak dengan api kecil hingga daging matang dan semua sisa bahan isian, aduk rata. Bagi menjadi 3 bagian, sisihkan.

4.Goreng martabak
Kocok 3 butir telur, masukkan isian yang sudah ditumis. Panaskan wajan datar yang lebar, tuangi sekitar 150 ml minyak goreng, ambil satu adonan lalu gilas tipis melebar, taruh di wajan kemudian beri isian secukupnya. Lipat seperti bentuk amplop dan goreng hingga matang. Lakukan yang sama dengan adonan lainnya.

5.Buat saus kari
Untuk saus kari Anda perlu menyiapkan bahan: 1 sdm minyak samin, 1/2 sdt garam, 1 batang serai yang dimemarkan, 2 lembar daun jeruk purut, 1/2 sdm bubuk kari siap pakai, 200 ml santan, 1 sdt cuka masak.

Panaskan minyak samin, tumis bumbu hingga halus, serai dan daun jeruk hingga matang. Masukkan bumbu bubuk kari dan santan. Masak hingga kental sambil sesekali diaduk, masukkan cuka dan aduk rata.

Siap disajikan dan selamat mencoba [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT