Banjir, Petani Aceh Besar Terancam Gagal Panen

Sabtu, 01 November 2014 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Puluhan hektar sawah di Desa Gu Gajah, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar tergenang banjir setinggi 1 meter setelah dilanda hujan lebat sejak tadi malam. Imbasnya petani padi mengalami kerugian dan terancam gagal panen.

Seorang petani, Nurhayati (51) mengatakan, luapan air sungai telah merendam sawahnya yang baru saja ditanam padi. Sehingga ia mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

"Tadi waktu saya ke sawah, saya harus menyeberang air setinggi bahu saya, semua padi yang baru ditanam sudah tidak ada lagi," kata Nurhayati, Sabtu (1/11).

Lanjutnya, sawah yang terendam banjir tidak hanya miliknya, akan tetapi seluruh sawah di kawasan itu digenangani air. Selama tahun 2014 ini, kata Nurhayati, tahun 2014 ini sudah tiga kali mengalami gagal panen karena dilanda luapan air sungai.

Sejak tadi malam, di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar dilanda hujan deras sejak pukul 20.00 WIB sampai dengan 23.30 WIB. Sehingga banjir tidak hanya menggenangi persawahan yang ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah, juga menggenangi sejumlah ruas jalan di Banda Aceh dan sekitarnya.

Nurhayati juga mengaku, sejauh ini belum ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk membantu kerugian para petani. Demikian juga tidak ada upaya untuk menanggulangi agar tidak kembali terjadi banjir di kawasan tersebut.

"Belum ada bantuan, padahal kami mengalami kerugian besar karena padi tidak bisa lagi digunakan lagi," ujar Nurhayati.[did]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT