Tips Perawatan Wajah Agar Terhindari dari Jerawat

Ahad, 26 Oktober 2014 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Pernah menderita dan merasa kurang percaya diri akibat masalah jerawat di wajah? Jerawat merupakan efek dari kulit berminyak, debu dan kotoran yang menumpuk.

Dalam kasus berbeda, jerawat juga bisa timbul karena anda sedang stress atau berada di tekanan. Mengutip laman Boldsky, berikut beberapa cara mudah merawat wajah agar tidak jerawatan.

Cuci Muka Secara Rutin
Usahakan untuk menjadikan kebiasaan satu ini sebagai bagian dari rutinitas keseharian anda. Jaga selalu kebersihan wajah dari segala macam debu dan polusi. Bersihkan wajah dapat mengurangi minyak dan menghilangkan kotoran, hingga mengurangi potensi timbulnya jerawat. Anda dapat mencuci wajah minumal dua kali dalam sehari.

Keramas
Salah satu alasan timbulnya jerawat yakni rambut yang berminyak. Saat rambut tanpa sengaja menyentuh kulit, jerawat dapat lebih mudah timbul. Jadi, selain membiasakan untuk menjaga kebersihan kulit usahakan juga untuk selalu keramas secara teratur. Selain minyak pada wajah, rambut yang kotor juga memicu timbulnya jerawat.

Diet Sewajarnya
Diet sangat penting bagi anda yang berusaha untuk mencegah kulit dari jerawat. Usahakan untuk mengimbangi asupan makanan pada program diet anda. Masukkan daftar protein dan vitamin yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Jangan Sentuh Wajah
Kebiasaan untuk memegang wajah merupakan suatu kebiasaan buruk yang harus dibuang jauh-jauh. Tanpa anda sadari kebiasaan menyentuh wajah justru memungkinkan jerawat untuk timbul lebih mudah, karena tanpa disadari sebenarnya tangan anda membawa kotoran yang memicu jerawat.

Konsumsi Madu
Madu sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak pada kulit. Anda dapat mencoba masker madu selama dua kali dalam sepekan untuk mengurangi penumpukan debu dan minyak. Terapi ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari munculnya jerawat.

Jeruk Lemon
Sama halnya dengan madu, jeruk lemon atau jeruk nipis sangan berkhasiat untuk mengurangi minyak dan melawan jerawat. Perasan jeruk lemon dapat diaplikasikan di sekitar area kulit untuk membunuh bakteri jahat. Jangan aplikasikan perasan air jeruk dengan tangan, tapi pakailah kapas untuk mendapatkan hasil terbaik. [vml]

 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT