Tips Cermat Mengalokasikan Uang dari Kenaikan Gaji

Jumat, 24 Oktober 2014 - 00:00:19 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Karyawan mana yang tak senang jika gajinya dinaikkan? Bayangan untuk menabung lebih banyak pasti langsung terlintas. Namun apa benar tambahan pendapatan itu selalu bisa ditabungkan? Karena tak sedikit pekerja yang tidak mendapat manfaat apa-apa dari kenaikan gaji selain bisa menghabiskan uang lebih banyak. Yang artinya, meski penghasilan saat ini lebih besar tetap saja tak bisa menabung lebih banyak.

Sebaiknya, sesaat setelah mendapat kenaikan gaji niatkan diri untuk bersikap tegas. Yakni dengan tidak menghamburkan-hamburkan uang untuk keperluan yang bersifat hura-hura meski tahu sekarang gaji Anda lebih besar. Jika ingin sesekali 'menghadiahi diri sendiri' ada baiknya dilakukan nanti saja dengan menggunakan dana bonus. Sementara kenaikan pendapatan lebih baik dialokasikan untuk beberapa kebutuhan masa depan. Apa saja?

1. Tabung untuk Liburan
Memang wajar jika kita berharap bisa sedikit menikmat kenaikan gaji. Namun sebaiknya jangan menghabiskan uang terlalu banyak pada hal yang bersifat foya-foya, seperti berbelanja atau makan-makan. Tabunglah tambahan dana tersebut untuk sesuatu yang bisa lebih dikenang, contohya liburan ke tempat impian.

2. Bayar Utang
Utang memang bukan kebiasaan yang disarankan. Namun ada sebagian orang yang terpaksa berhutang untuk keperluan bisnis atau sesuatu yang mendadak. Ketika memiliki uang lebih prioritaskanlah dana tersebut untuk membayar hutang. Jika bisa dilunasi saat itu juga, jangan lagi tunda-tunda. Terlebih jika hutang tersebut sifatnya berbunga.

3. Tabung untuk Pensiun
Belum pernah terpikir untuk menyiapkan dana pensiun? Mungkin saat Anda naik gaji nanti adalah waktu yang tepat untuk mulai menabung dana pensiun. Semakin cepat Anda menyisihkan uang untuk dana hari tua akan semakin banyak pula tabungan yang terkumpul di hari mendatang. Tabungan masa pensiun ini juga bisa dialokasikan untuk menjadi modal usaha saat nanti tak lagi kerja kantoran.

4. Tabung untuk Dana Tak Terduga
Selain untuk dana pensiun, tabung juga lebihnya gaji untuk dana jaga-jaga. Terlebih bagi Anda yang tak memiliki asuransi jiwa, kendaraan, atau kesehatan. Uang tersebut bisa juga digunakan sebagai dana cadangan jika suatu waktu Anda kehilangan pekerjaan.[llp]

 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

5 Cara Menabung Jadi Terasa Ringan

Rabu, 28 Oktober 2015

Ini Tips Memasak Sehat

Selasa, 13 Oktober 2015