KPK dan PPATK Serahkan Laporan Akhir Calon Menteri

Jumat, 24 Oktober 2014 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Deputi Tim Transisi Presiden Joko Widodo, Andi Widjajanto, menyatakan Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan sudah menyerahkan laporan terakhir rekam jejak calon menteri kabinet Jokowi. Maka dari itu, dia menyatakan Presiden Jokowi sudah siap mengumumkan susunan kabinetnya.

"KPK sudah dan sudah dipelajari. Kalau hasilnya tidak mengharuskan ada yang direvisi, kabinetnya sudah bisa diumumkan. Mereka menyerahkan dokumen langsung ke Pak Jokowi, baik dari PPATK maupun KPK," kata Andi kepada awak media di kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/10).

Andi mengatakan, kedua pimpinan lembaga baik KPK maupun PPATK datang langsung menyerahkan dokumen terkait rekam jejak menteri Jokowi. Dia melanjutkan, kedua pimpinan itu tidak berlama-lama berada di Istana Negara.

Namun, ketika didesak ihwal waktu pengumuman kabinet bakal dilakukan malam ini, Andi menyatakan hal itu belum bisa dipastikan. Sebab menurut dia, Jokowi masih mempelajari laporan terakhir dari kedua lembaga itu. Demikian juga hak pengumuman ada di tangan Jokowi.

"Tergantung yang dilaporkan kedua instansi. Pada dasarnya kalau tidak ada masalah, kabinetnya sudah siap. Tergantung Pak Jokowi mau kapan mengumumkan. Malam ini atau besok tergantung hasilnya," ujar Andi.

Andi pun memastikan lokasi pengumuman susunan kabinet bakal digelar di Istana Negara. Sebab menurut dia prinsip dasarnya adalah Jokowi sudah menunaikan kewajiban mengumumkan kabinet.

"Lokasi pengumuman di Istana. Pada dasarnya adalah yang penting melakukan komunikasi ke publik penyusunan kabinet sudah selesai, dan pelantikan akan dilakukan segera," sambung Andi.
[eko-mer]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT