Sambut 1 Muharram 1436 H, Pemkab Rohul Gelar Berbagai Lomba

Rabu, 22 Oktober 2014 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Menyambut datang 1 Muharram 1436 Hijriyah/ 2014 Masehi, berbagai acara telah dikemas oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Berbagai lomba sudah dimulai sejak 21 Oktober hingga 25 Oktober 2014 nanti. Kegiatan lomba ini di pusatkan di Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasirpangaraian.

Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si langsung membuka Semarak Ramadhan di halaman Masjid Agung Madani, Rabu (22/10/14) pagi. Disela kegiatan bupati mengatakan, menyambut 1 Muharram ini ada beberapa lomba yang dilaksanakan diantaranya pidato cilik, cerdas cermat antar sekolah, rebana tingkat SD, SLTP dan SLTA, tahfiz Quran, anak soleh, lomba azan, busana muslim tingkat SD, SLTP hingga SLTA, dan sejumlah lomba lainnya yang bernuansa Islami.

Tambah bupati, pada Jumat (24/10/14) malam nanti, menjelang masuknya 1 Muharram 1436 H, akan dilaksanakan tabligh akbar di Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasirpangaraian.

"Dengan Semarak Muharram ini, diharapkan anak-anak Rohul mau belajar dan berprestasi. Ini juga sebagai syiar Islam," kata Bupati Achmad.

Menurut Bupati, dengan pergantian tahun Islam, 1 Muharram yang bertambahnya usia, hal itu meski menjadi muhasabah diri atau menjadi intropeksi diri bagi seluruh umat Muslim dalam memerangi amar maaruf nahi mungkar.

"Ada harapan baru bagi kita semua. Pada tahun ini akan lebih baik lagi. Baik dalam bekerja, beramal dan kegiatan sosial," ujar dia.

Masih menurut Bupati, jumlah lomba dan peserta terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Artinya, kualitas semakin hari semakin baik. "Bagi pemenang akan kita beritakan uang, piagam dan beasiswa pendidikan bagi mereka," jelas Achmad.

Setelah malam puncak peringatan 1 Muharam, pada Sabtu (25/10/14) nanti, Pemkab Rohul juga akan menggelar pawai taaruf. Pawai itu diperkirakan akan melibatkan sekitar 30.000 pelajar, pegawai dan masyarakat umum. Selesai pawai, akan dilaksanakan Dakwah dan Nada di halaman Masjid Agung Madani dengan mengundang artis ibukota.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rohul Hasbi Abduh menyambut baik Semarak Muharram. Dia mengajak umat Muslim ikut meramaikan kegiatan menyambut tahun milik umat Islam tersebut.

Menurut Hasbi, sudah menjadi kewajiban bagi umat Muslim dalam menyemarakkan Semarak Muharram. Tahun baru Islam diharapkan dia lebih semarak dari tahun baru Masehi, 1 Januari. [adv/hum]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT