Rekayasa Teknologi, SMKN 1 Mandau Rakit Jemuran Otomatis

Selasa, 21 Oktober 2014 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Rekayasa teknologi yang dirancang oleh siswa SMK Negeri 1 Mandau dalam ajang Bengkalis Expo menarik perhatian pengunjung. Penampakan Jemuran Ikan Otomatis (JIO) atau jemuran otomatis serbaguna ini mengandalkan motor yang dimodifikasi menyerupai mobil serta dilengkapi sensor panas dan dingin.

Hendri penganggung jawab stand SMKN 1 Mandau mengungkapkan semua yang ditampilkan merupakan hasil kreasi siswa-siswa SMKN 1 Mandau.

"Kami disini ada jemuran ikan otomasis (JIO), ini hasil kreativitas anak, juga dari modifikasi motor dirakit oleh siswa SMK sendiri dan dibina oleh instruktur,"

Untuk cara kerja JIO sendiri menggunakan dua sensor, yaitu  sensor cahaya dan sensor air, dimana untuk sensor cahaya berfungi ketika pergantian hari dari siang ke malam, nantinya sensor cahaya bekerja dengan akan otomatis masuk kedalam ruangan ketika berganti malam.

Sedangkan untuk sensor air bekerja ketika saat menjemur ikan kemudian turun hujan, sensor ini akan bekeja dan juga akan masuk kedalam ruangan

"Fungsi ini (JIO) juga bermacam-macam, untuk menjemur baju juga bisa," tambahnya.

"Harapan kami mudah-mudahan bisa mengambil manfaat dari Bengkalis Expo, misalnya jika ada ide-ide yang bagus bisa dikembangkan," tutupnya. [rdi]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT