PWI Rohul Sosialisasikan UU Pokok Pers ke Perusahaan

Kamis, 16 Oktober 2014 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkinicom - Kalangan Hubungan Masyarakat (Humas) Perusahaan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengikuti Sosialisasi Undang-Undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999, Kamis (16/10/14). Kegiatan sehari ini diprakarsai oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Rohul.

Agenda rutin tahunan PWI Rohul di Hotel Sapadia Pasirpangaraian dibuka Staf Ahli Bupati Rohul Sam Rikardo, turut dihadiri Ketua DPRD Rohul Nasrul Hadi, sejumlah kepala Satuan Kerja di lingkungan Pemkab Rohul, kalangan Humas perusahaan dari 16 kecamatan serta Humas instansi.

Saat membuka kegiatan, Staf Ahli Bupati Rohul Sam Rikardo mengatakan dari sosialisasi, Humas perusahaan lebih mengetahui tugasnya, terutama berhubungan dengan pers dan mengetahui cara menulis rilis berita.

Menurut Sam, Humas perusahaan perlu memahami UU Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999. "Sebagai perpanjangan tangan perusahaan, Humas dapat melakukan sesuatu yang bermakna, sehingga ada keseimbangan dalam memberitaan," kata Sam Rikardo saat membuka acara.

"Di lain pihak, terpenting bagaimana kerjasama Humas dan wartawan perlu dijalin," tandas dia.

Sam menuturkan, suatu pemberitaan negatif tentang perusahaan sebenarnya bukan merusak, namun hal itu kritik agar perusahaan mengerti kelemahannya. "Inilah tugas Humas dalam menghadapi wartawan," ujar Sam dan mengharapkan kalangan Humas perusahaan mengetahui tugas pokok dan fungsinya, termasuk bagi kalangan wartawan.

Selaku panitia, Endar Rambe dalam laporannya mengatakan sosialisasi UU Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999 merupakan agenda rutin PWI Perwakilan Rohul. Dia sangat berterima kasih kepada Pemkab Rohul karena ikut mendukung acara tersebut.

Rambe menjelaskan, pada Sosialisasi UU Pokok Pers ini, PWI Rohul mengundang narasumber Hasan Basril, merupakan Dosen Universitas Islam Riau.

Sementara itu, Ketua PWI Perwakilan Rohul Harjono mengatakan pada sosialisasi ini Humas perusahaan bukan saja diberi pengetahuan UU Pokok Pers, namun mereka akan diberi pengetahuan tata cara dalam membuat rilis berita.

Menurut dia, selain sosialisasi hari ini, pada Sabtu (18/10/14) lusa, PWI Rohul juga akan melaksanakan Pelatihan Jurnalistik bagi kalangan pelajar tingkat SLTA se-Rohul.

"Kami mengharapkan, dari acara ini Humas Perusahaan bisa mengetahui cara membuat rilis berita dan tidak kesulitan dalam menghadapi wartawan. Ini target dari acara," jelas dia.

Harjono menambahkan, seorang Humas harus mengetahui dan paham dari tujuan jurnalistik. Humas juga harus sejalan dengan pers. "Kami menilai, masih banyak perusahaan yang belum mengerti fungsinya," ujarnya. [tr]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT