Pesawat Haji Debarkasi Solo Mendarat Darurat di Sri Lanka

Pesawat Haji Debarkasi Solo Mendarat Darurat di Sri Lanka

Metroterkini.com - Pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut jamaah haji debarkasi Solo mendarat darurat di Bandara Internasional Colombo Sri Lanka, Selasa (14/10) pukul 23.45 WIB. Pihak Maskapai Garuda Indonesia mengakui pesawat tersebut terpaksa mendarat lantaran mengalami gangguan teknis. Namun mereka enggan merinci gangguan teknis yang dimaksud.

"Pendaratan di Colombo karena masalah teknis yang mengharuskan pesawat landing di Station Alternate. Kita mendarat di sana pukul 23.45 WIB. Pendaratan lancar, seluruh penumpang baik-baik saja," ujar Manager Garuda Indonesia Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Gunadi, kepada merdeka.com, Rabu (15/10).

Atas kondisi tersebut, lanjut Gunadi, pihaknya segera mengirimkan pesawat cadangan untuk menjemput jamaah haji Kloter 14 asal Kabupaten Demak dan Salatiga tersebut. Selama menunggu di Colombo, kata Gunadi, jamaah mendapatkan pelayanan yang baik. Yakni beristirahat di hotel serta mendapatkan sejumlah pelayanan seperti makan dan lain-lain.

"Kita sudah mempersiapkan jika ada kejadian seperti itu. Kita tidak akan biarkan para jamaah menunggu lama. Begitu mendarat di Colombo, kami segera kirim pesawat cadangan yang ada di Solo. Di Solo kan ada 2 atau 3 pesawat yang stand by. Jangan sampai jamaah menunggu lama," terang Gunadi.

Menurut Gunadi, saat ini jamaah sudah diberangkatkan menuju Adi Soemarmo Solo. Diperkirakan pukul 20.34 WIB mereka akan mendarat. Gunadi menambahkan, terganggunya penerbangan haji tersebut tidak mengganggu penerbangan reguler atau pemulangan jamaah haji berikutnya.

Sementara itu kondisi pesawat Garuda yang ada di Colombo, menurut Gunadi, saat ini masih dalam perbaikan dan perawatan hingga kondisinya normal kembali. Ia memperkirakan, pesawat akan kembali ke Solo pada nanti malam.

"Nanti malam semoga sudah selesai perbaikannya, dan kembali ke Solo. Permasalahan gangguan mesin ini tidak mengganggu pemulangan haji maupun penerbangan Garuda reguler lainnya. Karena semua sudah kita persiapkan dan kita antisipasi," tandasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Sub Bagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Haji Solo, Badrus Salam, mengatakan jemaah haji yang tergabung di kloter 14 direncanakan tiba di Asrama Haji Donohudan Solo pada Rabu (15/10/14) Pukul 03.20 WIB. Namun baru akan mendarat di Solo malam ini.

"Kondisi 374 jamaah haji yang tergabung dalam kloter 14 Embarkasi Haji Solo dalam keadaan baik," pungkasnya. [din]

Berita Lainnya

Index